Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa di MI Wahid Hasyim Depok Sleman Yogyakarta

Authors

  • Muhammad Sufyan Ats Tsauri UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Muqowim Muqowim Pogram Studi Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.765

Keywords:

strategi guru karakter bahasa jawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan startegi menanamkan karakter melaui pembelajaran bahasa jawa di madrasah ibtidaiyah wahid hasyim depok sleman yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datayang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi yang subjeknya berupa pendidik dan peserta didik. Analisis datadilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu upaya guru dalam memberikan pembiasaan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran bahasa jawa, dapat diterapkan dengan teknik yaitu: memberikan penjelasan mengenai karakter, memberikan pembiasaan terhadap anak agar terbiasa melakukan tingkah laku yang berkarakter, proses pembelajaran yang dilakukan berlangsung secara interaktif,memilih dan mengembang tehnik belajar mengajar yang mempunyai kesempatan paling besar agar tujuan dalam proses belajar mengajar dapat tercapai, dan menambah kegiatan dengan mengaplikasikan tingkah laku dan sikap yang berkarakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Muhammad. 2017. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1(1): 105–24.
Aris Nurwanto. 05:01:56 UTC. “Kebijakan Penerapan Kurikulum 13 Bahasa Jawa.” https://www.slideshare.net/ARIS81NURWANTO/kebijakan-penerapan-kurikulum-13-bahasa-jawa (March 28, 2020).
Ginka Fransisca, 1725143109. 2018. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Di Mi Bendil Jati Wetan Sumbergempol Tulungagung.” http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8097/ (March 27, 2020).
Khomsanah, Umi. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Berbahasa Jawa Melalui Nonton Bareng Kethoprak Pada Anak Sekolah Dasar.” : 14.
“Konsep Strategi : Definisi, Perumusan, Tingkatan dan Jenis Strategi.” http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/konsep-strategi-definisi-perumusan.html (May 16, 2020).
Kurniati, Endang. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa Sd Yang Integratif Komunikatif Berbasis Folklore Lisan Sebagai Wujud Konservasi Budaya.” : 12.
“Pengertian Strategi Pembelajaran - DUNIA PGMI.” https://www.duniapgmi.com/2019/08/pengertian-strategi-pembelajaran.html (April 24, 2020).
Rizal, Syaiful, and Abdul Munip. 2017. “Strategi Guru Kelas dalam Mumbuhkan Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Didik (Study Kasus : SDN Pondok Dalem 01 Semboro dan MI Fathus Salafi Ajung Jember).” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4(1): 45.
Syahida, Fatihatus, Fatihatus Syahida, and Fatihatus Syahida. 2020. “Pengembangan media kartu untuk pembelajaran unggah-ungguh basa Jawa bagi siswa SD/MI kelas V / Fatihatus Syahida.” SKRIPSI Mahasiswa UM 0(0). http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/77953.html (April 18, 2020).
“UU No.14 Thn 2005 - Guru Dan Dosen.” http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_guru_dosen.htm (May 19, 2020).

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Ats Tsauri, M. S., & Muqowim, M. (2021). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa di MI Wahid Hasyim Depok Sleman Yogyakarta. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 24–30. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.765
Abstract Views: 1411 | File Views: 1042