Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring bagi Peserta Didik MI/SD pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Uhlul Qoriawati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lu’luil Maknun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.769

Keywords:

Covid 19, pembelajaran daring, penghambat pembelajaran

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran daring bagi peserta didik MI/SD pada masa pandemic Covid-19. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat studi pustaka dengan teknik mengumpulkan informasi data yang relevan melalui dokumen, buku, majalah, berita. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menghasilkan
informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat dalam dokumen yang diteliti. Dalam memutus penyebaran virus Covid-19 pemerintah menekankan untuk kegiatan pembelajaran dilaksanakan di rumah masing-masing dengan menggunakan pembelajaran daring. Pada penelitian ini telah mendapatkan informasi bahwa masih banyak factor-faktor yang menjadi penghambat pendidik, para siswa MI/SD, dan juga orang tua dalam penerapan pembelajaran daring. Dengan pelaksanaan pemebelajaran daring yang dilakukan di rumah menimbulkan masalah bagi peserta didik dan juga pendidik seperti penyampaian pembelajaran yang tidak terpenuhi untuk disampaikan akhirnya peserta didik diberikan tugas tambahan, akibatnya tugas yang
dimiliki peserta didik menjadi bertambah banyak, hal terebut dapat menjadi beban bagi peserta didik, pendidik dan juga orang tua. Pelaksanaan pembelajaran daring harus segera diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada masa pandemic Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmil Masyeti, Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati.2020.”Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”.Journal of Education, Psychology and Counseling Vol.2 No.1
Ali Sadikin.2020.”Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”.Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol.6 No.2
Andasia Malyana.2020.”Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung”.Peadgogia:Jurnal ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia Vol.2 No.1
Antar P & Supriyadi P.2016.”Community Of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan”.Lentera Pustaka 2(2)
Briliannur Dwi C, Aisyah Amelia, Uswatun Hasanah, Abdy Mahesha Putra, Hidayatur Rahman.2020.”Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19”.
Hasibuan, MS & Simarmata, Janner & Sudirman, Acai.2019.”E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya”.Medan.Yayasan Kita menulis
Hilna Putria, Luthfia Hamdani Maula, Din Azwar Uswatun.2020.”Analisis Proses Pembelajaran Daring dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar”.Jurnal Basicedu Vol.4 No.4
Irwan, Rustan Santaria.2020.”Challenges Faced by Teacher and Students Towards Quality Assurance of Education amidst Covid 19 Pandemic”.Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol.2 No.2
M Hadi Nur.2020.”Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19”.
Mirzon Daheri, Julian, Deriwanto, Ahmad Dibul Amda.2020.”Efektifitas Wahtsapp sebagai Media Belajar daring”. Jurnal Basicedu Vol.4 No.4
Nabila Nurbaiti Zulaini, Nuril Mufidah, Nur Kholis, Muhammad Afif Amrulloh.2020.”Learning Arabic for Elemantary Schools During the Covid 19 Outbreak”.Journal of Education Vol.3 No.1
Nakayama M, Yamamoto H.2007.”The Impact of Learner Characterics on Learning Perfomance in Hybrid Courses among Japanese Students”.Elektronic Journal E-Learning Vol.5(3).1
Nur HAyati.2020.”Metode Pembelajaran Darin/E-Learning yang Efektif”.
Oktafia Ika Handarini & Siti Sri Wulandari.2020.”Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19”.Jurnal Pendidikan Adminsitrasi Perkantoran (JPAP) Vol 8 No 3
Setiawan, P.2020.”Pengertian E-Learning menurut Para Ahli Karakteristik E-learning Manfaat E-Learning”.
Syaharuddin S & Mutiani M.2020.”Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi”.
Wahyu Aji Fatma Dewi.2020.”Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”.Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.2 No.1
Wiryanto.2020.”Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19”.Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol.6 No.2
Persel, C. H.1979.”Educations and Inequality, The Roots and Results of Strattification in America’s Schools”.United States of America: The Free Press
Baharin, R.H.2020.”Impact of Human Resource Investment on Labor Productivity in Indonesia”.Iranian Journal of Manegement Studies, 13(1), 139-164.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Qoriawati, U., & Maknun, L. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring bagi Peserta Didik MI/SD pada Masa Pandemi Covid-19. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 10–17. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.769
Abstract Views: 9364 | File Views: 4443