Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dan Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas V SDN 01 Tulus Ayu

Authors

  • Prima Septiana Anggraeni STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Sri Enggar Kencana Dewi STKIP NRUL HUDA

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.772

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar pada siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar siswa kelas V di SDN 01 Tulus Ayu serta untuk mengetahui perbedaan apa saja yang terdapat pada siswa yang mengikutI bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial(Independent sample t test. Hasil analisis deskriptif hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar masuk dalam kategori tinggi karena melebihi standar KKM disekolah yaitu dengan mean 83.09 dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar 76.32 . Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa bimbingan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis inferensial menunjukan Thitung 11.364,sedangkan Ttabel 2.018 penelitian ini menggunakan taraf signifikan 0.05. Dengan demekian T hitung jauh lebih besar t tabel, dan hipotesis nihil ditolak,artinya terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar siswa kelas V SDN 01 Tulus Ayu.

Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina,Lilik, Rustiyarso, Okiana. 2015. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Di Sma”. Pontianak : FKIP Untan.
Arikunto, Suharsini. 2014. Prosedur Penelitian Menurut Pendekatan Praktis. Jakarta : Reneka Cipta.
Bagus, I Gusti Darmawan. 2016. Pengaruh Motivasi Belaajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar Bangunan SMA Negeri 1 Seyegan. Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Djamarah , Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dalyono, Muhammad. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman dkk. 2010. Setrategi Belajar Mengajar. Bandung : Refika Aditama.
Hanifah, Nanang Dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditiya.
Hidayah, Ana. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Jati Kebupaten Cirebon. Cirebon : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Kesumawati, Nila Dan Ichwan Aridanu. 2018. Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang : NoerFikri Offset.
Martono, Nanang. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rinieka Cipta.
Malik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Mutamainah, Mut’ah. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Study Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts N 19 Jakarta. Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Nasir, Muhammad. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Natanael, Yonatan. 2014. Belajar Otididak SPSS Pasti Bisa. Jakarta : PT Elex Media Kompuffindo.
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan, Adun Rusyana, dan Enas. 2013. “ Cara Mudah Belajar SPSS dan Aplikasi Statistik Penelitian”. ALFABETA.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta, PT Raja Grafindo.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning (teori dan aplikasi PAIKEM). Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana Prenada.
Sofiyan Siregar, Sofyiyan, 2015. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung, Alfabeta.
Uno, B Hamzah. 2017. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Warti, Elis. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jakarta : STKIP Kusuma Negara.
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Cakrawala Media.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Anggraeni, P. S., & Dewi, S. E. K. (2021). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dan Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas V SDN 01 Tulus Ayu. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 18–24. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.772
Abstract Views: 1501 | File Views: 1203