Implementasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Tema 1 Sub Tema 1 Siswa Kelas Bawah MI Subulussalam 02 Sriwangi

Authors

  • Siti Nurjanah STKIP NURUL HUDA SUKARAJA
  • Ahmad Taufiq Yuliantoro STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Ahmad Ulin Niam STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.851

Keywords:

Pendidikan karakter, Proses belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter pada proses pembelajaran tema 1 sub tema 1 siswa kelas bawah di MI Subulussalam 02 Sriwangi mulai dari perencanan proses dan evaluasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil analisis implementasi Pendidikan karakter pada proses pembelajaran tema 1 sub tema 1 siswa kelas bawah MI subulussalam 02 Sriwangi yaitu Perencanaan pendidikan karakter yang dilakukan guru pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi perencanaan berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diintegrasikan nilai – nilai pembentuk karakter, perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik siswanya. Metode pembelajaran diserahkan langsung kepada masing-masing guru karena setiap guru mempunyai trik-trik dan strategi yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah dan siswanya. Sistem evaluasi di MI Subulussalam 02 Sriwangi melihat dari ulangan harian, ulangan semester, ulangan tengah semester, dan pengamatan keseharian tingkah laku anak namun untuk masa pandemi ini proses pembelajaran dilakukan daring maka untuk melihat proses pembelajaran itu dapat dilihat dari grup kelas. Selain itu sering juga dilakukan untuk para guru untuk mengetahui aktivitas – aktivitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik serta mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, S., & dkk. (2011). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Ihat, H., & dkk. (2011). Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Samini, M., & Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Angga, M. W., Bambang, B. W., & A, y. S. ( 2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora , 132-142
Haji, S. (2015). Pembelajaran Tematik Yang Ideal di SD/MI. Pembelajaran Tematik , 56-69.
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah PGMI , 15-32.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , 2460-2345.
Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Pendidikan DasarIslam , 147-156.
Risminawati, & Nurul, F. (2016). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar , 58-65.
Wardani, W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. 1-89.

Downloads

Published

2021-07-29

How to Cite

Nurjanah, S., Yuliantoro, A. T., & Niam, A. U. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Tema 1 Sub Tema 1 Siswa Kelas Bawah MI Subulussalam 02 Sriwangi. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 51–57. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.851
Abstract Views: 982 | File Views: 640