Analisis Struktural Pisaan Pemberian Adok pada Pernikahan Adat Komering di Desa Kurungan Nyawa

  • Neti Kartini PBSI STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Suryani Suryani PBSI STKIP Nurul Huda Sukaraja
Keywords: Pisa’an, Pernikahan, Komering, Struktural, Unsur Fisik, Unsur Batin, Kurungan Nyawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur yang terkandung dalam Pisa’an pemberian Adok pada pernikahan adat Komering di desa Kurungan Nyawa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh isi Pisa’an pada pemberian adok pernikahan adat Komering yang kaya akan pengalaman, petuah, nasehat dan cerminan kebudayaan masyarakat Komering. Teori struktural yang digunakan adalah teori Ade, dkk. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif analitatif. Teknik pengumpulan data melalui proses perekaman, observasi dan wawancara. Penelitian ini menganalisis secara menyeluruh unsur fisik yaitu diksi, imaji, kata konkret, majas, verifikasi, dan tifografi. Serta unsur batin yaitu tema, nada dan suasana, perasaan, dan amanat dari sebuah Pisa’an serta kaitan setiap unsur Pisa’an yang ada di desa Kurungan Nyawa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap unsur Pisa’an pemberian Adok pada pernikahan adat Komering mewakili setiap cerita tentang kedua pengantin yang diberikan Adok baik itu tentang kisah cintanya, tentang kepribadiannya, tentang latar belakang keluarganya, dan petuah-petuah untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Pisa’an Komering yang satu ini unik dan memiliki ciri khas sendiri yang membedakannya dari pantun-pantun lainya. Pisa’an sarat akan kebudayaan masyarakat Komering yang turun temurun, makna yang mengandung petuah- petuah dalam mengarungi kehidupan berumah tangga dan kisah cinta yang terjadi pada kedua pengantin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin, 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. 2016. Statistik Indonesia Tahun 2016. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik
Didipu, Herman. 2012. Sastra Daerah: Konsep Dasar dan Ancangan Penelitiannya. Jakarta: Dapur Buku.
Depdikbud. 2013. Kamus Bahasa Komering. Palembang . Balai Pustaka.
Hikmat, Ade, Nur Aini Puspitasari dan Syarif Hidayatullah. 2017. Kajian Puisi. Jakarta: UHAMKA Hutomo, Suripan Sadi. 1991. Mutiara yang terlupakan: Pengantar Stusi Sastra Lisan. Surabaya :
HISKI Jawa Timur

Moleong, Lexi J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Pradopo, Rachmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi Dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sangidu, Herman. 2004. Metode Penelitian Satra, Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM
Sugiyono. 2011. Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D).
Bandung: Alfabeta.

Teeuw, Andries.2013. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya. Waluyo, J. Herman. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
. 2002. Apresiasi Puisi Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-11-15