KORELASI METODE DISKUSI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII MTs TAKWA GUMAWANG

  • Sari Purnama Putri Wir’atmaja STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Sugiarti Sugiarti STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Hastuti Retno Kuspiyah STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara metode diskusi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII MTs Takwa Gumawang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat hubungan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode diskusi pada pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII MTs Takwa Gumawang yang berjumlah 47 responden. Sampel diambil dengan menggunakan simple random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak, dan kelas yang terpilih yaitu kelas VIII 2 berjumlah 23 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi berupa nilai rapot (semester gazal). Peneliti membahas ada tidaknya hubungan antara metode diskusi terhadap hasil belajar siswa, yang dihipotesiskan dalam hipotesisi alternatif (Ha), hipotesis diterima jika terdapat hubungan yang signifikan antara metode diskusi terhadap hasil belajar
siswa. Hasil perhitungan variabel metode diskusi, diketahui nilai minimum sebesar 70 dan maximum sebesar 95. Hasil perhitungan dari nilai belajar siswa, diketahui nilai minimum sebesar 84 dan maximum 87. Selanjutnya dari hasil analisis korelasi dikatakan variabel mempunyai hubungan apabila nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05. Diketahui nilai signifikan metode diskusi terhadap hasil belajar yaitu 0,01, dimana 0,01 > 0,05. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara metode diskusi terhadap hasil belajar siswa.

Keywords: Diskusi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontestual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badariah, Normin. 2013. Pengaruh Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri Bintan Tahun Pelajaran 2012-2013.E-Jurnal.

Chandra, Reo. 2013. Pengaruh Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bangku Pusoko Kabupaten Rokan Hilir.

Kemendikbud. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prihatin, Effiyati. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar.107.https://ejoural.undiksha.ac.id.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Setyorini D. 2012. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. journal.ac.id

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, Maman. 2012. Pengaruh Metode Diskusi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis Karangan Siswa Kelas XI SMK Al Kausar Jakarta Tahun Ajaran 2011/2012.UIN Syarif Hidayatullah.

STKIP Nurul Huda Sukaraja. 2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Suryaman, Maman. 2012. Pengaruh Metode Diskusi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis Karangan Siswa Kelas XI SMK Al Kausar Jakarta Tahun Ajaran 2011/2012. UIN Syarif Hidayatullah.

Suryanto dan Siswanto. 2018. Metode Kuantitatif Korelasional. Klaten: Bosscript

Wakhinudin. Metode Diskusi. 2010. ejournal.unp.ac.id.16 Juni 2020.

Zalmita, Novia. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Siswa dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Cipeucang Kabupaten Pandeglang. Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2020-10-30