EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VII MTs AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI

Authors

  • Ari Setiyanto Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam OKI
  • M. Anwar Nurkholis Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam OKI

DOI:

https://doi.org/10.30599/spbs.v2i1.817

Keywords:

Menulis teks berita, model pembelajaran kooperatif, tipe picture and picture.

Abstract

Pengajaran keterampilan bahasa dan sastra Indonesia mencakup dalam beberapa keterampilan di antaranya keterampilan mendengarkan, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, dan  keterampilan menulis. Dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis teks berita, selama ini peserta didik tidak cukup diberikan penjelasan tentang teori menulis saja, tetapi hal-hal yang berhubungan dengan masalah kebahasaan, ejaan dan pilihan kata serta teknik penulisan juga harus diperhatikan. Berdasarkan dalam menulis teks berita, peserta didik sering merasa kesulitan menyampaikan unsur-unsur berita dalam teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan menulis teks berita peserta didik kelas VII MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan Posttest Only Control Design dan uji hipotesis yaitu menggunakan rumus Polled Varians dengan bantuan Microsoft exel 2007. Berdasarkan tabel Microsoft excel 2007 pada tabel 4.8 harga thitung dibandingkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dari data tersebut dapat dilihat harga thitung lebih besar dari harga ttabel (7.14 > 1.67). Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak atau Ho diterima yang berarti menulis teks berita peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture lebih efektif.  Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif dalam pembelajaran menulis teks berita kelas VII yang tercermin dalam skor atau nilai post-test.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edutainment Menjadikan Peserta didik Kreatif dan Nyaman di Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Huda, Miftahul. 2014. Mode-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Departemen Pendidikan Bahasa Indonesia. 2003. Jakarta: Balai Pustaka.

Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama. 2005. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: P.T. Remaja Rosda Karya.

Nurjamal, Daeng, dkk.2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Prasetyoningsih, Luluk Sri Agus. 2001. Menulis II. Universitas Islam Malang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Jakarta: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuni, Sri dan Abd Syukur Ibrahim. 2012. Asesmen pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2021-01-12
Abstract Views: 1229 | File Views: 1113