KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH TAWANG REJO

  • Eka Putri Rahayu STKIP NURUL HUDA

Abstract

Kebiasaan membaca menjadi salah satu fakor penting dalam memahami isi bacaan. Peserta didik yang memiliki kebiasaan membaca maka ia memiliki kemampuan memahami isi bacaan dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman dalam membaca, kurangnya minat membaca, kurangnya kesadaran untuk membaca, dan belum adanya kegiatan yang  mendorong untuk membiasakan membaca. Penelitian bermaksud untuk mencari ada tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan korelasional. Hasil analisis penelitian ini yaitu terdapat korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,002< 0,05. Nilai r hitung sebesar 0,550, menunjukkan keeratan hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman kedalam tingkat sedang. Nilai r hitung 0,550 menunjukkan angka positif yang berarti semakin tinggi kebiasaan membaca maka semakin tinggi pula kemampuan membaca pemahaman peserta didik.

Keywords: Kebiasaan membaca, kemampuan membaca pemahaman, dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Refni. 2014. Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Bengkulu.

Ahuja, Pramilia dan G. C Ahuja.2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Antoro, Billy. 2017. Gerakat Literasi Sekolah, Dari Pucuk Hingga Akar, Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawati, Uti dan Y. Budi Artati. 2015. Detik-Detik Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015. Klaten: PT Intan Pariwara.

Djojosuroto, Kinayati dan M.L.A Sumaryati. 2010. Prinsip-Prinsip Dasar Penelitian Bahasa dan Sastra. Bandung: Yuansa.

Hairi, Syawaludin, et al. Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Mandiri Pontianak Tahun 2013. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran, 3.6.

Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irwansyah, Nur dan Mukhtar. 2013. Buku Mata Kuliah Membaca. Tanggerang: PT Pustaka Mandiri.

Ismail, Ismail. Korelasi antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah. Edu Research, 2016, 5.1:63-66.

Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra. Surakarta: Yumna Pustaka.

Najamiah. 2017. Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Memahami Bacaaan Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Gunung Sari 1 Kec. Rappocini Kota Makasar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: UIN Alahuddin Makasar.

Nurhadi. 2010. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca, Suatu Teknik Memahami Literatur yang Efisien. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Priyatni, Endah Tri dan Nurhadi. 2017. Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Tanggerang: Tira Smart.

Purnamasari, Dewi. 2013. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dengan Pemahaman Bacaan Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanto dan Siswanto. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Korelasional. Klaten: Bossscript.

Tampubolon, D.P. 2015. Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: CV Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Published
2021-01-12