PENGARUH KERJA TIM DAN ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN DIKLAT PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Lidya Natalia Sartono Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v1i2.110

Keywords:

Kerja tim, Organizational learning, kinerja

Abstract

Badan pendidikan dan latihan  berlokasi di Provinsi Kalimnatan Barat. Merupakan suatu lembaga yang pembentukan pertama dengan surat keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Barat Nomor 135 Tahun 1990 tanggal 26 Maret 1990 tentang susunan Organisasi dan Tata Kerja Pendidikan dan Latihan Propinsi Kalimantan Barat. Untuk mensinergiskan semua yang menjadi tujuan organisasi khususnya Badan Diklat Provinsi Kalimantan Barat dengan pertimbangan bahwa Badan Diklat selaku pembina, pengawas, fasilitator dan penyelanggara dibidang kediklatan dalam pengelolaan pendidikan dan pelatihan antar satuan kerja perangkat daerah yang efektif dan efisien maka diperlukan pola satu pintu, namun ada hal menjadi catatatan dalam pengelolaan Badan Diklat dalam hal penilaian dan evaluasi yaitu masalah kinerja. Populasi dalam  penelitian ini adalah pegawai Badan Diklat Provinsi Kalimantan Barat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simple random sampling.Jumlah sampel ditentukan sebanyak 71  orang. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh langsung positif kerja tim terhadap kinerja pegawai;  2) Terdapat pengaruh langsung positif organizational learning terhadap kinerja pegawai; 3) Terdapat pengaruh langsung positif  kerja tim terhadap organizational learning pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-29

How to Cite

Sartono, L. N. (2017). PENGARUH KERJA TIM DAN ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN DIKLAT PROVINSI KALIMANTAN BARAT. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 157–167. https://doi.org/10.30599/utility.v1i2.110
Abstract Views: 1162 | File Views: 1009