PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS

  • Luthfi Fatihatul Hidayah SMP Al Kamal Blitar
  • Moh Farih fahmi IAIN Tulungagung

Abstract

Media pembelajaran dapat membantu dan mempermudah guru untuk menyampaikan materi pelajaran IPS, serta membantu siswa untuk memahami materi IPS yang disampaikan secara menyeluruh, sehingga proses pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player yang layak serta menghasilakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII. Objek yang diteliti dalam penelitian dan pengembangan ini seluruh siswa-siswi kelas VIII B di sekolah SMP Al Kamal kunir. Dengan jumlah siswa 29 anak. Metode pengeumpulan yang digunakan adalah wawancara, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player dengan proses pembelajaran yang tidak menerapkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player pada mata pelajaran IPS kelas VIII I di SMP Al Kamal. Diperoleh data t hitung 11,594 > 1,701 maka Ho di tolak. Jadi penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash Player pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) signifikan

Keywords: Pengembangan, Media Interaktif, Pembelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, C. W. (2016). Problematika pembelajaran IPS bagi siswa SMP Negeri 2 Nguling Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1).
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ardinastiti, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Macromedia Flash Materi Hidrosfer Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Kelas Vii Smp N 1 Secang Kabupaten Magelang. Edu Geography, 4(1).
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di madrasah ibtidaiyah Darussalam kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49–55.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185.
Salam, R. (2017). Model pembelajaran inkuiri sosial dalam pembelajaran IPS. Harmony, 2(1), 7–12.
Sari, N. R. (2018). Animation Media to Improve Student Learning Results. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 145–156.
Sibilana, A. R. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran pendidikan agama Islam untuk kelas XI di SMA Negeri 2 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Wahab, A. A. (2008). Metode dan model-model mengajar: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Alfabeta.
Published
2020-08-28
How to Cite
Hidayah, L., & fahmi, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 17-35. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1153