PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (PBL) PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA

Authors

  • Siti Widya Astuti Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Sigit Priyono Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Vovi Sinta Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1157

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Quasi Eksperimen pada penelitian ini menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 168 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKJ1 dan TSM3 SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja yang berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan angket, sedangkan analisis data menggunakan uji t.Hasil penelitian: Pertama: hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja yaitu dari 30 peserta didik terdapat 24 peserta didik atau 80.00% memperoleh nilai kategori sedang, 4 peserta didik atau 13,33% memperoleh nilai kategori tinggi dan 2 peserta didik atau 6,66%  memperoleh nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata hasil angket sebesar 69,37 Kedua: hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja yaitu dari 30 peserta didik terdapat 23 peserta didik atau 76,66% memperoleh nilai kategori sedang, 5 peserta didik atau 16,66% memperoleh nilai kategori tinggi dan 2 peserta didik atau 6,66% memperoleh nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata hasil tes sebesar 76,93. Ketiga: pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja dengan nilai regresi thitung 6,016 dan ttabel 1,703, yang berarti jika skor angket penggunaan model pembelajaran Project Based Learning mengalami kenaikan sebesar 1, maka hasil belajar peserta didik (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 27%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, A. L. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X di Smkn 4 Makassar (Doctoral dissertation, PASCASARJANA).

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Furchan, A. (2014). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismaya, A. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sari, D.P. (2016). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. Jurnal Skripsi.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Algesindo.

Sukmadinata, N.S. (2015). Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wigarti, A. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Skripsi.

Winarni. (2014). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester I Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang.

Downloads

Published

2021-09-12

How to Cite

Astuti, S. W., Priyono, S., & Sinta, V. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (PBL) PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 46–56. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1157
Abstract Views: 972 | File Views: 796