PENGARUH IKLIM KELAS KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 BUAY MADANG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v5i01.1169Keywords:
Iklim Kelas Kondusif, Hasil Belajar, IPS.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kelas kondusif dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 2 Buay Madang Timur, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (posttest only control design). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Buay Madang Timur yang berjumlah empat kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas dipilih secara random dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes, pengujian hipotesis nya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kelas kondusif dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 2 Buay Madang Timur. Yang dibuktikan dengan hasil uji t dengan dk = 40 angka derajat kebebasan ttabel taraf signifikan 5 % = 1,68 menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,83 > 1,68.
Downloads
References
Chamidah, Nur. 2014. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Margoyasan Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Yogyakarta.
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115-25.
Gandra Irawan, Oskar. 2014. Pengaruh Iklim Belajar Yang Kondusif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP. Jurnal: Universitas Tanjungpura Pontianak
Hapsari, Widyaning. 2017. Korelasi Antara Iklim Kelas Dan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mahasiswa Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Journal The 5th Urecol Proceeding: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Mustafida, F. (2017). Strategi Menciptakan Kelas yang Kondusif di SD/MI (Sebuah kajian pedagogis, psikologis). Jurnal Madrasah. UIN Malang.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.