Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Kelas XI di MA Nurul Huda Sukaraja

  • Mursilah Mursilah STKIP Nurul Huda OKU Timur
Keywords: Hasil belajar peserta didik, Model Artikulasi

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia, karena melalui pendidikan manusia akan memperoleh pengalaman yang bermanfaat. Pendidikan juga dapat mengembangkan potensi-potensi serta keterampilan-keterampilan yang dimiliki setiap individu  untuk menghadapi perubahan jaman yang semakin berkembang. Sehingga setiap manusia berhak memperoleh pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran artikulasi pada peserta didik MA Nurul Huda Sukaraja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi peserta didik, lembar observasi guru, dan tes tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan siklus I hasil observasi peserta didik sebesar 87,34% dan guru sebesar 92,16% dan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 73,16% dengan peserta didik yang tuntas 20 orang dan yang tidak tuntas 10 peserta didik. Siklus II hasil observasi peseta didik sebesar 97,58 dan guru sebesar 100% dan hasil belajar peserta didik pada siklus II sebesar 89,66% dengan peserta didik yang tuntas 29 orang dan yang tidak tuntas 1 peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-01
How to Cite
Mursilah, M. (2018, February 1). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Kelas XI di MA Nurul Huda Sukaraja. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 19-29. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/281
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 4 times