Korelasi Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Belitang Mulya

Authors

  • Sigit Priyono STKIP Nurul Huda
  • Eka Marwati STKIP Nurul Huda
  • Fitri Anggraini STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.282

Keywords:

Hasil Belajar, Gaya Mengajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi konsep bahwa variasi gaya mengajar guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa selain faktor eksternal lainnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi gaya mengajar guru  dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas VII di SMPN 2 Belitang Mulya. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMPN 2 Belitang Mulya yang berjumlah 32 siswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel penelitian ini ada 2 macam alat ukur, yaitu : (1) instrumen anget dan (2) hasil belajar. Analisis akhir dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi gaya mengajar guru  dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas VII di SMP N 2 Belitang Mulya bersifat positif. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa secara parsial diperoleh thitung sebesar 2,0 dengan probabilitas 0,000 ≤ 0,05 untuk variabel gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Belitang Mulya. Dengan demikian berarti terdapat korelasi yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Belitang Mulya. Hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya ttabel < thitung yaitu 0,349 ≤ 2,0 dengan nilai signifikasi 0,000 ≤ 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima dan terdapat pengaruh sebesar 34,3 % dan selebihnya 66,7 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Priyono, S., Marwati, E., & Anggraini, F. (2018). Korelasi Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Belitang Mulya. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.282
Abstract Views: 1756 | File Views: 1518