Komparasi Hasil Belajar IPS Peserta Didik Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW) dan Menggunakan Metode Think Pair Share (TPS)

  • Rusmiati Rusmiati STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Dwi Susanti STKIP Nurul Huda OKU Timur
Keywords: Metode Think Talk Write, Metode Think Pair Share, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi konsep bahwa pencapaian hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik kelas VIII belum maksimal. Sesuai permasalahan pada pembelajaran yaitu penggunaan metode yang kurang tepat, maka perlu dilakukan perubahan metode pembelajaran yang digunakan yang dalam hal ini akan dicobakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS antara peserta didik yang menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dan menggunakan metode Think Pair Share (TPS. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian komparasional. Variabel bebas penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik menggunakan metode Think Talk Write, sedangkan variabel kontrol pada penelitian ini adalah  hasil belajar mata pelajaran IPS menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share. Populasi dan sampel penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 43 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara peserta didik yang menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dan menggunakan metode Think Pair Share (TPS) dengan hasil t = 4,067 dengan nilai sig. = 0,0002, karena nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-01
How to Cite
Rusmiati, R., & Susanti, D. (2018). Komparasi Hasil Belajar IPS Peserta Didik Menggunakan Metode Think Talk Write (TTW) dan Menggunakan Metode Think Pair Share (TPS). UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 44-51. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/283
Section
Articles