Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa

(Kuasi Eksperimen Di SMAN 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat- Provinsi Jawa Barat pada kompetensi dasar perdagangan internasional di kelas XI IPS)

Authors

  • Dewi Setianingsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tjutju Yuniarsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rozmitha Dewi Yuniarti Rozali Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v2i2.313

Keywords:

Teams Games Tournament, kemampuan berfikir tingkat tinggi, media ular tangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada kompetensi dasar perdagangan internasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cililin tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data menggunakan  tes. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikasi model sebesar 0,009 dengan nilai p-value sig lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa terdapat pengaruh  model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media ular tangga terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS), dengan nilai N Gain sebesar 0,35194.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-06

How to Cite

Setianingsih, D., Yuniarsih, T., & Rozali, R. D. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa: (Kuasi Eksperimen Di SMAN 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat- Provinsi Jawa Barat pada kompetensi dasar perdagangan internasional di kelas XI IPS). UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(2), 72–84. https://doi.org/10.30599/utility.v2i2.313
Abstract Views: 1510 | File Views: 1383