"Dikomikin Saja" Digitalisasi Komik Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Berbasis Android

(Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Materi Sejarah di SMP Negeri 3 Madang Suku I Mengunakan Aplikasi Pembuatan Komik Digital berbasis Android)

  • Himawan Bastari SMP N 3 Madang Suku I, Ogan Komering Ulu Timur
Keywords: “Dikomikin Saja”, Komik Sejarah, Peningkatan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kefektifitasan aplikasi ”Dikomikin Saja” dalam meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) khususnya materi sejarah, serta mendeskripsikan bagaimana proses pembuatan dan penggunaan aplikasi ”Dikomikin Saja”. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa  3 (Tiga) kali pertemuan, dalam prosesnya sebanyak 2 (dua) kali mengunakan media pembelajaran ”Dikomikin Saja”  dan 1 (Satu) kali tidak menggunakan media pembelajaran ”Dikomikin Saja”. Peneliti melaksanakan tiga kali pertemuan dalam penelitian ini, dalam tiga kali pertemuan tersebut peneliti mengambil data dan mengobservasi aktivitas siswa yang berjumlah 35 siswa, dari tiga pertemuan tersebut terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran  dari skor awal 2,13 predikat cukup pada pertemuan awal menjadi 3,25 pada pertemuan ke II/terakhir dengan predikat sangat baik, begitu pula dengan  minat belajar sejarah lebih tinggi terlihat dari rekapitulasi ketuntasan belajar siswa pada pertemuan awal 40,54% yang tuntas menjadi 68,08 %  yang tuntas pada pertemuan terakhir atau ke – II. Aplikasi ”Dikomikin Saja” membantu siswa dalam meningkatkan minat dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPS materi sejarah, serta membantu siswa untuk memenuhi  bacaan-bacaan sejarah yang lebih populer yang dihasilkan oleh mereka sendiri.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-07
How to Cite
Bastari, H. (2018). "Dikomikin Saja" Digitalisasi Komik Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Berbasis Android. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(2), 98-110. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/333
Section
Articles