Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Laboratorium Pelatihan Usaha untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha

(Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK PGRI Subang)

  • Reni Ika Wijayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ade Sobandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hari Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: minat berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, problem based learning, laboratorium wirausaha, pembelajaran konvensional

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen berbentuk kelompok eksperimen dan kontrol pretes-postes, perlakuan model problem based learning dengan laboratorium pelatihan usaha dan model pembelajaran konvensional di kelas XI Pemasaran SMK PGRI Subang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan minat berwirausaha siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model PBL dengan laboratorium wirausaha. Menganalisis perbedaan minat berwirausaha siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Menganalisis perbedaan peningkatan minat berwirausaha siswa yang menggunakan model PBL dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar pengamatan observasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada minat berwirausaha siswa pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL dengan laboratorium wirausaha, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada minat berwirausaha siswa pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) terdapat peningkatan gain rata-rata kelas eksperimen yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-28
How to Cite
Wijayanti, R., Sobandi, A., & Mulyadi, H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Laboratorium Pelatihan Usaha untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(2), 129-146. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/353
Section
Articles