PENGARUH IKLAN DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BATANGHARI

  • Nur Melianty S Universitas Jambi
  • Suratno Suratno Universitas Jambi
  • Ali Idrus Universitas Jambi
Keywords: iklan, kelompok referensi, perilaku konsumsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekplanatori. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, yang dibagikan pada 49 responden yaitu mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat pengaruh simultan iklan dan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi. Secara parsial iklan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa sebesar 0.696  yang berarti terdapat pengaruh kuat dan signfikan iklan terhadap perilaku konsumsi, dan kelompok referensi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa sebesar 0.681yang berarti terdapat pengaruh kuat dan signifikan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyah, Nikmatul 2013. Pengaruh Kelompok Acuan dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Tulis Jetis Pada Toko Amri Jaya Sidoarjo. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran: Jakarta: PT.Prehallindo.

Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Yogykarta: Andi.
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. ConsumerBehavior: Perilaku KonsumendanStrategi Pemasaran Edisi Kesembilan. Jakarta:Erlangga.
Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.

Sukari, dkk. 2013. Perilaku Konsumtif Siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta.

Wulandari, Fitri dkk. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Respon Pada Iklan, Intensitas Pergaulan Teman Sebaya, dan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, (Online), Vol.9 No.2, journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1607
Published
2019-02-15
How to Cite
S, N., Suratno, S., & Idrus, A. (2019). PENGARUH IKLAN DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BATANGHARI. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(1), 29-44. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/404