PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH

Authors

  • Arianah Arianah Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Effendi Effendi STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v3i1.556

Keywords:

Kondisi Sosial Ekonomi, Motivasi

Abstract

Kondisi sosial ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor eksternal timbulnya motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan. yang menjadi salah satu alasan siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah untuk tidak meneruskan ke Perguruan Tinggi adalah dikarenakan tekanan ekonomi. Selain itu, pekerjaan orang tua siswa 90% buruh dan petani. Pendidikan orang tua 65% lulusan SD dan SMP. Hal ini menjadi kendala bagi kelanjutan pendidikan untuk meneruskan ke Perguruan Tinggi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa dalam melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah yang berjumlah 90 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas XII  SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah yang berjumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan koesioner, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil akhir penelitian ini adalah Tidak terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa dalam melanjutkan studi  ke Perguruan Tinggi kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah dengan harga thitung = –0,912 < -t0,05; 37 = –1,687 sehingga Ho diterima, sehingga Ha ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haq, M. (2015). Pengaruh Prestasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Self Efficacy Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI IPS MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.(online) tersedia di (http:Iip.unnes.ac.id/2230/5577.pdf. Diakses 25 desember 2017 ).

Herdiyanti, R . (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS Semester Genap SMA Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Mamanggi, K. (2013). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2013/2014.Jurnal Terbitan Halaman 1-6.Jember: Universitas Jember.

Nasirotun, S. (2013). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada SiswaSMK Kartika Aqasa Bhakti Semarang ".Jurnal Terbitan Vol. 1 No. 2, Oktober 2013 Halaman15-24. Semarang :IKIP Veteran Semarang.

Pujiati.(2009). Pengaruh Kondisi Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang. (online) tersedia di (http:Iip.unnes.ac.id/2230/5577.pdf. Diakses 25 desember 2017 ).

Rahmawati, Y. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya ".Jurnal Terbitan Halaman 1-9. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Salmah. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di MAS Pontianak" . Jurnal Terbitan Hal 1-13.Pontianak : Universitas Tanjungpura.

Sardiman. ( 2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Suryani, N. (2005). Pengaruh Kondisi Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Di Kelas XI SMA PGRI 1 Kebumen .Jurnal terbitan halaman 189-205. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosda


Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Wulandari, F. (2012). Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2012/2013 .Jurnal terbitan halaman 1-10.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2019-02-15

How to Cite

Arianah, A., Susanti, D., & Effendi, E. (2019). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.30599/utility.v3i1.556
Abstract Views: 3207 | File Views: 2487