PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS XI MA AL FATTAH SUMBERMULYO

  • Sigit Priyono STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur
Keywords: Group Investigation, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi jurnal penyesuaian dan kertas kerja dengan menerapkan model pembelajaran group investigation siswa kelas XI MA Al Fattah Sumbermulyo. Pembelajaran group investigation memiliki konsep pada penekanan interaksi antar siswa. Dalam interaksi ini siswa akan membentuk komunitas yang memungkinkan mereka mencintai proses dan mencintai satu sama lain. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semeter genap MA Al Fattah Sumbermulyo yang terdiri dari 26 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS semeter genap MA Al Fattah Sumbermulyo yang terdiri dari 26 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari model pembelajaran group investigation sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus pertama sebesar 62%, kemudian pada siklus kedua persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 81%, dan pada siklus ketiga persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 92%. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran group investigation telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-20
How to Cite
Priyono, S. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS XI MA AL FATTAH SUMBERMULYO. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 1-10. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/58
Section
Articles