INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN EKONOMI DI INDONESIA

  • Miftakhur Rohmah STKIP Nurul Huda
Keywords: Nilai-nilai Pancasila, Pendidikan Ekonomi

Abstract

Pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari ajaran Pancasila, nilai-nilainya dapat diinternalisasikan kedalam pendidikan ekonomi.Ekonomi Pancasila yang berorientasi pada sila I yakni ekonomi harus mendasarkan diri pada moralitas, karena Tuhanlah sesungguhnya pemilik dan penguasa atas semuanya, sila ke-II ekonomi itu harus bersifat manusiawi dan adil serta, sila ke-III adalah bentuk nasionalisme ekonomi bahwa setiap kebijakan harus sejalan dengan napas nasionalisme, sila ke-IV merupakan bentuk prinsip demokrasi ekonomi, dan sila ke-V yakni mencapai keadilan bersama untuk menuju kemamuran bangsa Indonesia. Karakter yang dibentuk dalam pendidikan ekonomi Pancasila yakni peserta didik yang memiliki karakter, pola pikir, pola sikap, dan pola perilaku yang sesuai dengan norma dan nilai-nilai Pancasila dalam berekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka atau biasa disebut dengan penelitian Liberary Research.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahmah, M. (Agustus.). (2016). Ekonomi Kerakyatan Sebagai Landasan Pendidikan Ekonomi Indonesia. Prosiding Seminar Nasional National Conference On Economic Education. Malang: S2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20. Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Tim Visi Yustisia. (2014). UUD Negara Republik Indonesia 1945: Tentang Kurikulum Pendidikan. Jakarta : Visimedia.
M. Subana, Sudrajat, (2005), Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia
Sukmadinata, N.S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Sukardi. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara..
Mubyarto. (1987). Ekonomi Pancasila: Gagasan dan Kemungkinan. Jakarta: LP3ES.
________. (1988). Sistem dan Moral Ekonomi Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Swasono Sri-Edi. (2002). Mengubah Pakem : Kompetensi an Integritas Sarjana Ekonomi. Makalah disajikan pada seminar yang diselenggarakan oleh Bpappenas bekerjasama dengan United Nation Support Facility for Indonesia Recovery (UNSFIR), Jakarta: 24-25 Oktober 2002.
Swasono Sri-Edi. (2016). Pendidikan Demi Ibu Pertiwi. Yogyakarta: UST-PRESS.
Rahmah, M . (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekonomi Pancasila. Malang: PPS UM.
Published
2019-08-16
How to Cite
Rohmah, M. (2019). INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN EKONOMI DI INDONESIA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 85-94. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/616