PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII.A DITINGKAT SMP
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.623Keywords:
Cooperative Learning, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative teknik bertukar pasangan pada mata pelajaran IPS kelas VIII.A SMP Negeri 2 Buay Madang, Populasi dalam penelitian seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Buay Madang tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 75 peserta didik, sampel penelitian berjumlah 25 siswa kelas VIII.A. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Model pembelajaran Cooperative teknik bertukar pasangan berpengaruh terhadap mata pelajaran IPS dengan nilai sig 0,00 kurang dari 0,05. (2) Hasil belajar peserta didik kelas VIII.A di SMP Negeri 2 Buay Madang kategori sedang dengan hasil analisa data kuesioner sebanyak 60,0% dari 12 peserta didik (3) Model pembelajaran Cooperative teknik bertukar pasangan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas VIII.A di SMP Negeri 2 Buay Madang dengan nilai kuesioner Sig sebesar 0,000. Karena nilai sig ˂ 0,05 maka H0 diterima.
Downloads
References
Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press.
Shobrina, M. 2017 “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bertukar Pasangan terhadap Keterampilan Menulis Dialog Komik Siswa Kelas V SDN Margorejo Surabaya”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5 (3). 56-57.
Rusman. 2001. Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli. Jakarta: Rajawali Press.