PENGARUH MEDIA STUDENT WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI TINGKAT SMP TERPADU

  • Ari Setiawan STKIP Nurul Huda
  • Mursilah Mursilah STKIP Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah STKIP Nurul Huda
Keywords: Media Student Worksheet, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media student worksheet terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik, media student worksheet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda sebanyak 115 peserta didik, sampel dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas VIII.B sebagai kelas ekperimen berjumlah 28 siswa sedangkan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil penelitian Pengaruh media student worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Terpadu Pondok Pesantren Nurul Huda yang ditunjukkan dengan nilai kuesioner kedua kelas VIII.B eksperimen memiliki nilai tertinggi sebesar 89,3% sedangkan kelas VIII.D kontrol sebesar 74,1% dari nilai tersebut terlihat bahwa hasil belajar eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sig sebesar 0,000. Karena nilai sig ˂ 0,05 maka H0 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifurrahman. 2017. “Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas VIII B Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) Manyaran Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016”.
Ahmad, S. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Aryaningrum, Kiki. 2015 “Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadi (Geografi) Di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Oku Timur”.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Danim. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Departemen pendidikan nasional. 2010. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas.
Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.
_______. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hendri, met. 2011. “Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Oleh Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Agama Islam Di SMP Negeri 21 Pekan Baru”.

Mukhtar. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. Skripsi Sarjana pada Seni Musik FBS UNY Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purnamawati. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali.
Rifa’i, Cathariana. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Rustaman. 2001. Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli. Hal: 461

Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugihartono. dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suwardi, dkk. 2014 “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini”.
Wakhinudin. 2009. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. (online), (https://subenoarifwibowo.wordpress.com/2011/05/15/pengertian-hasil-belajar/amp), (diakses tanggal 4 Agustus 2019).
Published
2019-08-16
How to Cite
Setiawan, A., Mursilah, M., & Rohmah, M. (2019). PENGARUH MEDIA STUDENT WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI TINGKAT SMP TERPADU. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 104-115. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/624