PENGARUH PENERAPAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X TINGKAT SMK DI BUAY PEMUKA BANGSA RAJA

  • Asriani Asriani STKIP Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah STKIP Nurul Huda
  • Sigit Priyono STKIP Nurul Huda
Keywords: Metode Spontaneous Group Discussion, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis peserta didik kelas X SMK. penelitian eksperimen dengan desain postest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji t polled varians. Hasil penelitian yang diperoleh untuk penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) pada pembelajaran Ekonomi Bisnis di kelas X SMK dikategorikan. Hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis peserta didik dengan menerapkan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) masuk dalam kategori sedang  dengan presentase 62,07%. Hasil belajar tanpa menerapkan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) dalam kategori sedang dengan presentase 76,92%. Sedangkan pengaruh penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnisdiperoleh hasil dengan harga thitungl 6,27 sedangkan ttabel 2,00. Karena thitung 6,27 tidak terletak diantara – ttabel  < thitung < +ttabel yaitu -2,00 dan +2,00 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiningsih, A.C. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhidayah, N. (2012). Efektifitas Metode Pembelajaran Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Rifai, A., & Lestari, H. P. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Spontaneous Group Discussion (SGD) dengan Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MIA di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(5).
Aunurrohman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Maharani, N. (2017). Pengaruh metode spontaneous group discussion (SGD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di kelas V MIN 04 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).
Maharani, N. (2017). Pengaruh metode spontaneous group discussion (SGD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di kelas V MIN 04 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).
Ratnasari, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two Stay–Two Stray terhadap Hasil Belajar Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa (Doctoral dissertation, FMIPA).
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offsed.
Maharani, N. (2017). Pengaruh metode spontaneous group discussion (SGD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di kelas V MIN 04 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).
Maharani, N. (2017). Pengaruh metode spontaneous group discussion (SGD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di kelas V MIN 04 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).
Published
2020-02-20
How to Cite
Asriani, A., Rohmah, M., & Priyono, S. (2020). PENGARUH PENERAPAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X TINGKAT SMK DI BUAY PEMUKA BANGSA RAJA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 44-55. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/628