EVALUASI PENDIDIKAN EKONOMI PADA KURIKULUM 2013 DITINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Authors

  • Miftakhur Rohmah STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.631

Keywords:

Pendidikan Ekonomi, Kurikulum 2013

Abstract

Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua sisi dari satu mata uang. Artinya, dalam proses pendidikan dua hal itu tidak dapat dipisahkan. Kurikulum tidak akan berarti tanpa diimplementasikan dalam proses pembelajaran; sebaliknya pembelajaran tidak akan efektif tanpa didasarkan pada kurikulum sebagai pedoman. Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar siswa, serta keefektifan pengajaran guru. Evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 dilakukan sebelum pembelajaran (pre test) dan sesudah pembelajaran (post test) . Penerapan Kurikulun 2013 ditujukan agar guru memperoleh ruang yang lebih leluasa untuk mengembangkan potensi siswa secara seimbang dalam tiga aspek, yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Kurikulum ini harus dikawal dengan kebijakan yang sinergis. Dan akhirnya siswa dapat belajar dengan semangat, antusias, tidak bosan dan mampu menyerap nilai-nilai moral yang terkandung secara tersitat dalam setiap materi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jihad, Asep., & Abdul, Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Belmont, California: Wadsworth, Inc.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar (GBPP). Depdikbud .Jakarta.
Abdul Haris, Asep Jihad, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013
Grondlund, N.E. dan Linn, R.L. 1990. Mesurement and Evaluation in Teaching 6th Edition, New York: Macmillan Publishing Company.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Kencana Media Group
Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran di Era Kurikulm 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta : Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
M. Subana, Sudrajat, (2005), Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia
Sukmadinata, N.S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
M. Rahmah, ”INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN EKONOMI DI INDONESIA”, utility, vol. 3, no. 2, pp. 85-94, Agus. 2019.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . Jakarta
Meszaros, T.B. & Siegfried, J.J. (1998). Voluntary National Content Standarsds in Economics, Developed by: National Council for Economic Education (NCEE) with National Assosiation of Economic Education, New York: NCEE
Republik Indonesia. 2007. Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Rohmah, M. (2020). EVALUASI PENDIDIKAN EKONOMI PADA KURIKULUM 2013 DITINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 56–70. https://doi.org/10.30599/utility.v4i1.631
Abstract Views: 2175 | File Views: 2775