IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG

  • Oktavia Pawari STKIP Nurul Huda
  • Vovi Sinta STKIP Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah STKIP Nurul Huda
Keywords: Model Pembelajaran, , Children Learning In Science (CLIS), Hasil Belajar

Abstract

Model pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung bersifat terpusat yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik melalui implementasi model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII-2 berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Analisis data deskriptif kuantitatif menghitung ketuntasan belajar peserta didik tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS sebelum tindakan hanya mencapai 17,65% (rendah) dengan nilai rata-rata 40,00. Hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik setelah tindakan mencapai 94,12% dengan nilai rata-rata 80,00. Implementasi model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Pemuka Peliung setiap siklusnya sebesar 25,49%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, M. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima.

Depdiknas. (2010). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani, N.A. (2012). Classroom Action Research; Teknik Penulisan dan Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Rahayasa.

Hariyati, R. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS 3 SMA 1 Bae Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Skripsi. http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/5146. Posted: 16 Mei 2015. 10.37 pm.

Ilmi, M. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Pondok Labu Jakarta Selatan. Jurnal Skripsi. http://etd.repository.ugm.ac.id/=html. Posted: 06/08/2012. 09.00 pm.

Muslich, M. (2010). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustofa, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran; Pengembangan Wacana dan Praktek Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Arruz Media.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafrina, D. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Fenomena dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya dan Keterampilan Generik Sains Peserta Didik SMP. Diakses dari http://repository.upi.edu/8902/pada tanggal 18 Desember 2016 pukul 12.00 WIB.
Published
2020-02-20
How to Cite
Pawari, O., Sinta, V., & Rohmah, M. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUAY PEMUKA PELIUNG. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 35-44. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/633