PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XDI SMK ISTIQLAL SIDOMULYO

  • Selly Damayanti STKIP Nurul Huda
  • Rusmiati Rusmiati STKIP Nurul Huda
  • Vovi Sinta STKIP Nurul Huda
Keywords: Metode scramble, Metode ceramah, Minat belajar Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelompok yang diajar dengan menggunakan metode scramble memiliki minat belajar ekonomi lebih tinggi daripada kelompok yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan metode scramble dan kelompok kontrol yang di beri perlakuan metode ceramah. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode scramble dan metode ceramah, variabel terikat yaitu minat belajar Ekonomi. Populasi penelitian ini sebanyak 92 siswa Teknik analisis statistik data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok yang diajar menggunakan metode scramble memiliki minat belajar Ekonomi lebih tinggi daripada kelompok yang diajar menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMK Istiqlal Sidomulyo tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari besarnya skor rata-rata skala minat belajar Ekonomi pada kondisi akhir kelas eksperimen yang lebih besar dibanding kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dapriansyah,dkk (2013).“Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial”Jurnal Skripsi. Diakses dari www. jurnal. fkip. unila.ac.id tanggal 05 Juni 2019 pukul 12.50 WIB.
Dwi Okta Anggraini (2008). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Sewon pada Mata Pelajaran IPS melalui Metode Penilaian Instan (Instan Assessment). Diakses dari www.digilibuny.ac.id tanggal 11 Juli 2019 pukul 17.05 WIB.
Jusniar Silaban (2012). Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMA Negeri 1 Pakkat. Diakses pada tanggal 18 Juni 2019 02:01 WIB
Maulida (2018). Pengaruh model pembelajaran scrambleterhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi di kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Ulim. Diakses dari tanggal 17 Agustus 2019 07:00 WIB.
M.Subhi (2016). Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Mts Manba’ul ulum lempuing jaya. Dikases dari Tanggal 12 Juli 2019 pukul 07:30 WIB.
Nurul Syafika (2017). Pengaruh penerapan metode pembelajaran scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 5 Maiwa KAB Enrekang. Diakses dari tanggal 25 Agustus 2019 pukul 10:02 WIB.
Sri Handayani (2014). Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 satu atap kepenuhan hulu. Diakses dari tanggal 17 Agustus 2019 pukul 03:16 WIB.
Veni Melia Sya’ban (2016). Pengaruh metode Scramble terhadap minat belajar IPS siswa kelas V SD rejowinagun 1 yogyakarta. Diakses dari tanggal 12 Juli 2019 pukul 07.15 WIB.
Weni Saputri (2019). Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan numerik di tinjau dari intelligence Quotient (IQ) siswa SMA. Diakses dari tanggal 19 Mei 2019 pukul 01:13.
Published
2020-02-20
How to Cite
Damayanti, S., Rusmiati, R., & Sinta, V. (2020). PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XDI SMK ISTIQLAL SIDOMULYO. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 25-34. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/635