OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA

  • Dellia Mila Vernia Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Timur

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan media sosial, peranan media sosial sebagai upaya pemasaran bisnis online, motivasi bisnis para ibu rumah tangga, manfaat bisnis online bagi ibu rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian keluarga, optimalisasi media sosial sebagai strategi bisnis ibu rumah tangga, kendala ibu rumah tangga dalam optimalisasi media sosial untuk bisnis online. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan literature study.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada penggunaan internet di Indonesia setiap tahunnya meningkat, dan ada 3 media sosial yang sering dikunjungi yaitu facebook, instagram dan youtube. Dalam pemasaran online, media sosial memiliki beberapa peranan penting diantaranya sebagai branding dan promosi yang efektif. Ada banyak faktor yang memotivasi para ibu rumah tangga memulai bisnis diantaranya yaitu menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang, adapunmanfaat bisnis online bagi ibu rumah tangga untuk perekonomian keluarga yaitu memperoleh penghasilan untuk penunjang kebutuhan keluarga. Optimalisasi media sosial sebagai strategi bisnis ibu rumah tangga diantaranya yaitu konsisten untuk mengerjakan bisnis setiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal. Sedangkan kendala yang dihadapi para ibu rumah tangga dalam optimalisasi media sosial untuk bisnis online adalah minimnya pelatihan untuk penggunaan media sosial bagi para ibu rumah tangga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-27
How to Cite
Vernia, D. (2017, August 27). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/71
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 155 times