PENGARUH KONSEP DIRI DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DI SMP

Authors

  • Deden Ibnu Aqil Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v1i2.81

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaruh konsep diri dan self regulated learningterhadap prestasi belajar IPA di sekolah SMP. Metode penelitian dilakukan dengan metode kuantitif survey di SMP Nusa Bakti Sawangan Depok pada kelas 8 dengan 50 orang serta angket, wawancara dan analisis statistiknya menggunakanregresi ganda. Hasil penelitian dari uji persamaan koefisien persamaan regresi 0,0505> 0,05menunjukan bahwatidak terdapat pengaruh positif antara konsep diri terhadap prestasi belajar IPA. Kemudian juga self regulated learning berpengaruh kurang positif terhadap prestasi belajar IPA dengan nilai signifikasi 0,0625> 0,05. Signifikasi persamaan regresi 0,035 < 0,05 atau hal ini H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh linear variabel konsep diri dan  self regulated learning  dengan prestasi belajar IPA. Hal ini juga bermakna bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) konsep diri dan  self regulated learning terhadap prestasi belajar IPA. uji signifikasi koefisien korelasi ganda yaitu koefisien korelasi ganda (Ry.12) = 0,364 dan Fhit (Fchange) =  3,599, serta p=value = 0,035 <  0,05 atau H0 ditolak. Dengan demikian, koefisien korelasi ganda antara X1 dan Xdengan Y adalah signifikan. Sedangkan koefisiensi determinasi ditunjukan oleh R square = 0,133, yang mengandung makna bahwa ada 13,3 %pengaruh konsep diri (X1) dan self regulated learning (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-29

How to Cite

Aqil, D. I. (2017). PENGARUH KONSEP DIRI DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DI SMP. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.30599/utility.v1i2.81
Abstract Views: 1314 | File Views: 1378