Peningkatan HOTs dan Reduksi Miskonsepsi Pembelajaran Fisika dengan Mengkomparasi Inquiry Learning dan Problem Solving: Studi Meta-Analisis

  • Aziz Kurniawan IAIN Purwokerto

Abstract

The role of teachers in the learning process has a very important role to play in producing the learning process. However, the reality in the field of teachers has not been able to provide the existing experience in the learning process so it can cause them to engage in HOTs and there are still misconceptions, especially physics subjects where students are just the theory. To learn about research by comparing Inquiry Learning with Problem Solving in order to increase HOTs and reduce physics misconceptions. This study reported 21 articles that included 10 Inquiry Studies and 11 Problem Solving. The result of this research is that Fhitung> Ftabel is 4,355> 3.55, and a probability value of 0.029 <0.05 which means a comparison of Learning about Problem Solving that can result in HOTs and misconceptions.

Keywords: HOTs, Misconception Reduction, Inquiry Learning, Problem Solving

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9 - 18.

Ariyani, I. D. (2019, May). Peran Tenaga Pendidik Dalam Memberikan Pembelajaran Yang Bermakna Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 77-84).

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran bermakna berbasis daring di tengah pandemi covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2) ,79-88.

Daryanti, S., Sakti, I., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh pembelajaran model problem solving berorientasi higher order thinking skills terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 65-72.

Halim, H. (2018). Bimbingan Individu Dan Diskusi Sesama Guru Dapat Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Membuat Pembelajaran Yang Bermakna Di SDN 13 Padang Gelanggang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3),1928–1936.

Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 36-44.

Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.

Jundu, R., Tuwa, P., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing .Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103-111.

Maryam., Kusmiyati., Merta, I W & Artayasa. (2020). Pengaruh Model pembelajran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206-213

Muamanah, H., & ., Suydi. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1),161-180.

Nurfitria, D., & Hertanti, E. (2020). The Efect Inquiry Learning Model With Pictorial Riddle Teachnique Digital Based on Students Creative Thingking Ability Towards Temperature and Heat Concept. EDUSAINS, 12(2), 276-282.

Nurhamidah, D., Masykuri, M., & Dwiastuti, S. (2019). Biology Module based on Cooperative Problem-based Learning (CPBL) to Enhance Students’ Problem Solving Skills at Madrasah Aliyah Negeri. EDUSAINS, 11(1), 147-155.

Nurhasanah, N., & Oktavianty, E. Integrasi Remediasi Miskonsepsi dalam Pembelajaran Model Problem Solving Materi Suhu dan Kalor di Man (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017) Belajar dab Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2)

Ratnaningdyah, D., & Sugiarti, S. (2018). Mereduksi Jumlah Mahasiswa Yang Mengalami Miskonsepsi Fisika Pada Materi Listrik Dengan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 175-180.

Sadia, I. W., & Gunadi, I. G. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 63-74.

Septian, D., & Kurniawan, G. E. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 30-36.

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya peningkatan citra pembelajaran IPS bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14-17.

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253-263.

Sholeh, M., Jannah, R., Mahmudah, M., & Khairunnisa, K. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Efektif Dan Bermakna Di MI Perwanida Blitar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2),16-31.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.

Published
2021-11-30
How to Cite
Kurniawan, A. (2021). Peningkatan HOTs dan Reduksi Miskonsepsi Pembelajaran Fisika dengan Mengkomparasi Inquiry Learning dan Problem Solving: Studi Meta-Analisis. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 80-86. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.1108