Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Fluida

Authors

  • Ali Ismail STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.114

Keywords:

CLIS, Multimedia, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains fisika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan multimedia pada pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group Pretest-Potstest design. populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Bekasi sedangkan sampel dari penelitian ini adalah di pilih dua kelas kelas XI dari keseluruhan populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan multimedia meningkat secara signifikan dilihat dari nilai gainnya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain keterampilan proses sains 57%  untuk kelas eksperimen dan 49%  untuk kelas kontrol,Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan multimedia dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains di bandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan multimedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahar, R Wilis. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Driver. R. (1988). “changing conceptions”. Journal research in education 161-196.

Rustaman, N dan Rustaman, A. (1997), Pokok-Pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta: Pusbuk Depdikbud.

Wiendartun, Taufik dan Hery (2007). "Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika". Bandung : Proceeding of The First International Seminar on Science Education.

Downloads

Published

2017-11-01

How to Cite

Ismail, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Fluida. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 83–87. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.114
Abstract Views: 4249 | File Views: 4332