Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Sebagai Asesmen Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Sosial Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.115Keywords:
Modul Praktikum Mandiri, , Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pengembangan modul praktikum mandiri yang digunakan sebagai asesmen keterampilan proses sains dan keterampilan sosial mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda Sukaraja semester 2 Tahun Akademik 2017/2018 berjumlah 19 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian (research and development), adapun model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Metode pengumpulan data penelitian dengan kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul praktikum mandiri yang dihasilkan secara keseluruhan dari penilaian aspek kelayakan isi, kebahasaan, kegrafikan, kemanfaatan produk, dan keterlaksanaan pratikum diperoleh nilai rata-rata skor total 3,65 dari penilaian teman sejawat, dan nilai rata-rata skor total 3,64 penilaian dari responden pengguna. Nilai tersebut mengindikasikan modul yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses perkuliahan. Hasil asesmen keterampilan proses sains mahasiswa diperoleh nilai rerata total 3,19 yang mengindikasikan baik, sedangkan didapatkan nilai rerata total 3,53 dengan indikasi sangat baik pada penilaian keterampilan sosial mahasiswa.
Downloads
References
Isriani. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.
Jihad. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Putro, Eko Widiyoko. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Rohman, Fatkhur. 2015. Rancang Bangun Eksperimen Penentuan Viskositas Udara Pada Variasi Suhu dan Kelembaban Medium dengan Memanfaatkan Program Tracker. Tesis. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
___________. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.