Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih

Authors

  • Eka Murtoviana STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Romdloni Romdloni STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Muhamad Ikhsanudin STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.1086

Keywords:

Hasil Belajar, fiqih, Model Pembelajaran, Double Loop Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses serta hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII MTs Al Ikhlas Pemetung Basuki melalui penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving. Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas dalam 3 siklus. Prosedur penelitian melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran Fiqih melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving. Subjek adalah siswa kelas VIII-3 berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, teknik analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pertama; Hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa sebelum penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving adalah rendah yaitu dari 28 peserta didik hanya terdapat 6 siswa atau 21,43% mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa 51,07. Kedua; Hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa setelah penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving adalah baik yaitu dari 28 siswa terdapat 14 siswa atau 50% yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 62,86 pada siklus 1, terdapat 23 siswa atau 82,14% mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 73,57 pada siklus 2, dan 27 siswa atau 96,43% dapat mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 81,07 setelah tindakan siklus 3. Ketiga; Terjadi peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving setiap siklus sebesar 25%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qaradhawi, Yusuf. 2001. Ushul Fiqh. Jakarta: Kalam Mulia.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Agama RI. 2016. Buku Guru Fiqih Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Madjid, Nurcholish. 2003. Pendidikan Akhlak Bagi Anak dan Remaja. Jakarta: Paramadina.

Muslich, Mansur. 2010. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rustaman, 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2011. Model-model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyitno. 2014. Metode dan Model Pembelajaran. Jakarta: Imperial Bhakti Utama.

Wiriatmaja, Kusuma. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2021-02-03

How to Cite

Murtoviana, E., Romdloni, R., & Ikhsanudin, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 31–39. https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.1086
Abstract Views: 688 | File Views: 674