Penerapan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren

Authors

  • Supangat Supangat STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v2i1.181

Keywords:

Model Pembelajaran CIRC, Kemampuan Membaca Dan Menulis, Mata Pelajaran Kitab Kuning

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja”, dengan alasan kemampuan membaca dan menulis kitab kuning siswa masih rendah sehingga model pembelajaran ini diterapkan  bertujuan dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang sifatnya eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi.  Istrumen penelitian yang digunakan terlebih dahulu di uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas data serta menggunakan uji t untuk menguji hipotesis. Temuan pada penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja dengan menerapkan model pembelajaran CIRC memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini terbukti dengan uji hipotesis yang menggunakan uji t, diperoleh harga thitung sebesar = 5,342 sedangkan ttabel  = 2,052. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel atau 5,342 > 2,052. Karena thitung = 5,342 lebih besar dari pada harga ttabel  = 2,052 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan n-2 (29-2=27), maka Ho yang menyatakan tidak terdapat pengaruh signifikan dengan penerapan model pembelajaran CIRC  dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada mata pelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja ditolak, sedangkan Ha yang menyatakan terdapat  pengaruh signifikan dengan penerapan model pembelajaran CIRC  dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada mata pelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja diterima. Berdasarkan penemuan di atas, penulis merekomendasikan agar pembelajaran kitab kuning dengan menerapkan model pembelajaran CIRC digunakan pada setiap Pondok Pesantren yang menggunakan kitab kuning sebagai salah satu sumber belajar karena telah terbukti bahwa pembelajaran ini efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-01

How to Cite

Supangat, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 124–142. https://doi.org/10.30599/jpia.v2i1.181
Abstract Views: 1499 | File Views: 2734