Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shadaqah, Hibah Dan Hadiah Menggunakan Metode Cooperative Script Dan Bertukar Pasangan

Authors

  • Suhartono Suhartono STKIP Nurul Huda
  • Nita Ilmiyah

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v2i1.184

Keywords:

Metode Pembelajaran Cooperative Script, metode Bertukar Pasangan, Hasil Belajar Fiqih

Abstract

Pelaksanaan mata pelajaran Fiqih seperti di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sukaraja disampaikan menggunakan metode ceramah. Sistem pembelajaran tersebut menjadikan proses pembelajaran terpusat pada guru. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning melalui berbagai metode seperti Cooperative Script dan metode Bertukar Pasangan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi Shadaqah, Hibah dan Hadiah antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Script dan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode bertukar pasangan.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja yang berjumlah 158 siswa degnan sampel 62 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Jenis data yang digunakan adalah data interval. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisa data menggunakan uji Z.

Sebagai   kegiatan   akhir   analisis  data penelitian dapatlah disimpulkan (1) Hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Script di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah sedang yaitu dari 30 siswa terdapat 26 siswa atau 86,67% mendapatkan nilai kategori sedang, 3 siswa atau 10% mendapatkan nilai kategori tinggi, dan hanya terdapat 1 siswa atau 3,33% mendapatkan nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata siswa 80,50. (2) Hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa yang pembelajarannya menggunakan metode bertukar pasangan di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah sedang yaitu dari 32 siswa terdapat 25 siswa atau 78,13% mendapatkan nilai kategori sedang, 7 siswa atau 21,87% memperoleh nilai kategori rendah dan tidak satu orang siswa pun memperoleh nilai kategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa 68,63. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi Shadaqah, Hibah dan Hadiah antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Script dan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode bertukar pasangan di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan harga Zhitung 5,35 sedangkan ttabel 1,645.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-01

How to Cite

Suhartono, S., & Ilmiyah, N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shadaqah, Hibah Dan Hadiah Menggunakan Metode Cooperative Script Dan Bertukar Pasangan. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–28. https://doi.org/10.30599/jpia.v2i1.184
Abstract Views: 1835 | File Views: 1612