Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Jama’ Dan Qashar Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa

Authors

  • Sri Lestari SMPN 1 BP Peliung OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v2i1.186

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini berjudul “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN  AGAMA ISLAM MATERI SHALAT JAMA’ DAN QASHAR DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER GENAP DI SMPN 1 BUAY PEMUKA PELIUNG OKU TIMUR”. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Buay Pemuka Peliung akibat penerapan model pembelajaran ceramah Perbaikan prestasi belajar PAI memerlukan partisipasi aktif dari siswa dan guru. Untuk itu perlu ada model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. adapun model pembelajaran yang dimaksud adalah  Penggunaan Lembar Kerja Siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikam Agama Islam siswa. Rumusan masalah penelitian (1) Bagaimana hasil belajar  PAI materi salat  jama’ dan qoshor  siswa sebelum menggunakan LKS Kelas VII A SMPN 1 Buay Pemuka Peliung? (2) Bagaimana hasil belajar PAI materi salat  jama’ dan qoshor siswa sesudah menggunakan LKS Kelas VII A SMPN 1 Buay Pemuka Peliung? (3) Apakah dengan menggunakan  LKS dapat meninggkatkan hasil belajar PAI materi salat  jama’ dan qoshor Siswa Kelas VII A SMPN 1 Buay Pemuka Peliung?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa dengan menggunakan Lembar Kerja SiswaPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tiga siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Buay Pemuka Peliung yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Sebagai   kegiatan   akhir   analisis  data penelitian dapatlah disimpulkan bahwa hasil  belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII A SMP N 1 Buay Pemuka Peliungsebelum menggunakan lembar kerja siswa adalah rendah 37,25% tuntas dan 67,75% tidak tuntas. Hasil  belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII A SMP N 1 Buay Pemuka Peliungsetelah menggunakan Lembar Kerja Siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 prosentase ketuntasan adalah 40% dan masuk ketegori rendah. Pada siklus 2 prosentase ketuntasan adalah 63% dan masuk kategori sedang. Pada siklus 3 prosentase ketuntasan adalah 89,47% dan masuk kategori tinggi. Penggunaan lembar kerja siswa dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII A SMP N 1 Buay Pemuka Peliungsebesar 13,03% setiap siklusnya. Oleh karena itu dapat disarankan agar guru menggunakan Lembar Kerja Siswa dalam melaksanakan pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-01

How to Cite

Lestari, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Jama’ Dan Qashar Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 97–123. https://doi.org/10.30599/jpia.v2i1.186
Abstract Views: 2144 | File Views: 2122