Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

Authors

  • Sholeh Hasan STKIP Nurul Huda
  • Perawati Perawati

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v4i1.190

Keywords:

Metode Diskusi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadits  di MA Nurul Huda Sukaraja masih menggunakan metode ceramah. Pada proses pembelajaran guru hanya memberikan ringkasan materi dengan cara mendektekan kepada siswa kemudian guru menjelaskan materi tesebut secara oral tanpa memberikan feed back  kepada siswa.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MA Nurul Huda Sukaraja yang berjumlah 84 orang. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA dan XI MAK yang berjumlah 46 siswa. Data digunakan dalam penelitian ini adalah data interval. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji instrumen menggunakan persen product moment, teknik analisis data dengan cara menghitung nilai rata-rata (mean), standar deviasi, dan menentukan tingkat kesukaran soal dengan kategori tinggi, sedang, rendah, pengujian hipotesis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji Hipotesisinya menggunakan uji t.

Langkah terakhir adalah menarik kesimpulan. Adapun kesimpulan yang diperoleh: Pertama, hasil belajar siswa  pada  mata pelajaran  Al-Qur’an Hadits materi amar ma’ruf nahi mungkar yang pembelajarannya diterapkan metode pembelajaran diskusi adalah sedamg dengan perincian dari 24 orang siswa terdapat 6 orang siswa atau 25% memeperoleh nilai kategori tinggi, 17 orang atau 70,83% memeperoleh nilai sedang, dan 1 orang siswa atau 4,16% memeperoleh nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata tes hasil belajar sebesar 78,33. Kedua, hasil belajar siswa  pada  mata pelajaran  Al-Qur’an Hadits materi amar ma’ruf nahi mungkar yang pembelajarannya diterapka metode ceramah adalah sedamg dengan perincian dari 22 orang siswa terdapat  2 orang siswa atau 9,09% yang mendapat kategori nilai tinggi, 14 orang siswa atau 63,63% memperoleh nilai kategori sedang dan 6 orang siswa atau 27,27% memperoleh nilai kategori rendah dengan  nilai rata-rata 68,68.3. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran diskusi  terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa pada materi pembelajaran amar ma’ruf nahi mungkar di kelas XI MA Nurul Huda dengan harga thitung 3,92 sedangkan  ttabel= 2,024 sehingga hipotesis nihil ditolak, sedanglkan hipotesis alternatif diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-01

How to Cite

Hasan, S., & Perawati, P. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 72–84. https://doi.org/10.30599/jpia.v4i1.190
Abstract Views: 2439 | File Views: 1770