Konsep Pendidikan Seumur Hidup Dalam Tinjauan Pendidikan Islam

Authors

  • Suhartono Suhartono STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v3i1.196

Keywords:

Pendidikan Seumur Hidup

Abstract

Pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dengan pendidikan akan meninggikan manusia dan merendahkan manusia yang lain, manusia akan dianggap berharga bila memiliki pendidikan yang berguna bagi sesamanya

Belajar seumur hidup  adalah belajar terus menerus dan berkesinambungan (continuing-learning) dari buaian sampai akhir hayat, sejalan dengan fase-fase perkembangan pada manusia. Oleh karena setiap fase perkembangan pada masing-masing individu harus dilalui dengan belajar agar dapat memenuhi tugas-tugas perkembanganya, maka belajar itu dimulai dari masa kanak-kanak sampai dewasa dan bahkan sampai akhir hayatnya.

Masa dari pendidikan sangatlah panjang, banyak orang yang beranggapan bahwa pendidikan itu berlangsung hanya disekolah saja, tetapi dalam kenyataanya pendidikan berlangsung seumur hidup melalui pengalaman-pengalaman yang dijalani dalam kehidupanya. Didalam  dunia pendidikan Islam  di kenal dengan istilah pendidikan sepanjang hayat atau pendidikan seumur hidup.

Hal ini menunjukan bahwa pendidikan berlangsung tanpa batas yaitu mulai sejak lahir sampai kita meninggal dunia. Maka jelaslah sudah bahwa pendidikan seumur hidup itu sangat benar adanya didalam kehidupan kita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-01

How to Cite

Suhartono, S. (2017). Konsep Pendidikan Seumur Hidup Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.30599/jpia.v3i1.196
Abstract Views: 10744 | File Views: 28628