Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Individual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang Oku Timur

Authors

  • Mukhamad Fathoni STKIP Nurul Huda
  • Marlina Marlina STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.515

Keywords:

Model Pembelajaran Individu, Hasil Belajar

Abstract

Selama proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang OKU Timur,sebagian siswa masih terlihat mengalami kesulitan dalam menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan oleh guru, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran. Oleh karena itu, harus dilakukan langkah-langkah strategis agar siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Langkah tersebut dapat dilakukan melalui pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran individual. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran individual terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang OKU Timur.

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen komparasional menggunakan desain quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang OKU TImur yang berjumlah 80 siswa terbagi dalam 3 rombongan belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X/Multimediaberjumlah 30 orang dan siswa kelas X/Administrasi Perkantoran berjumlah 27 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan tessedangkan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t.

Simpulan hasil penelitian adalah hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran individual di kelas X/Multimedia SMK Nurul Huda Buay Madang OKU Timur adalah sedang dengan nilai rata-rata sebesar 78,57. Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran klasikal di kelas X/Administrasi Perkantoran adalah sedang dengan nilai rata-ratanya 68,15. Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran individual terhadal hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XSMK Nurul Huda Buay MadangOKU Timur dengan nilai thitung7,89 sedangkan ttabel 2,00. Karena thitung7,89 lebih besar dari harga ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5% maka  H0 ditolak sedangkan Ha diterima

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarjaya, Beni S. (2008). Model-model Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Praya Media.

Anggoro, M. Toha. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrohman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiningsih, Asri C. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dajan, Anton. (2008). Pengantar Metode Statistik Jilid I. Jakarta: LP3ES.

Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offsed.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Madjid, Abdul. (2014). Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina Marlina; Sayid Amrullah. (2017). Perbandingan Efektivitas Social Interaction Models Dan Personal Family Models Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35–49.

Nasution, S. (2011). Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman, (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran;Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sangadji, Etta Mamang. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offsed.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soepeno, Bambang. (2012). Statistik Terapan dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudrajat, Rahardi Moersetyo, dan Subana. (2005). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2013). Statistik Nonparametrik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujana. (2010). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukardi. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Surya, Moh. (2016). Model-model Pembelajaran Saintifik. Bandung: Wacana Prima.

Syarifudin, Tatang. (2011). Landasan Kependidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam dan Depag RI.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Prestasi Publisher.

Tukiran. (2013). Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Widiantari. (2012). Rekonstruksi Model Pembelajaran Konvensional. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zaini, Ahmad. (2013). Active Learning. Bandung: Kusuma Bangsa.

Downloads

Published

2018-08-01

How to Cite

Fathoni, M., & Marlina, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Individual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMK Nurul Huda Buay Madang Oku Timur. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.515
Abstract Views: 1546 | File Views: 1230