Unschooling Alternative : Studi Analisis Alternatif Pendidikan Menurut Pemikiran Everett Reimer
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v6i1.529Keywords:
Everett Reimer, Unschooling Alternative, SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan yang mendalam terkait pandangan Everett Reimer terhadap lembaga sekolah dan pandangannya tentang konsep penyelenggaraan pendidikan selain sekolah.Dari hasil penelitian terungkap bahwa pemikiran Everett Reimer bukan berarti anjuran eliminasi atas sekolah, akan tetapi Reimer menghendaki penghilangan kemapanan sekolah atau dengan kata lain posisi superior sekolah dilemahkan. Hal ini dikarenakan sekolah merupakan lembaga yang memiliki banyak sekali kelemahan-kelemahan sehingga mengalami kematian fungsinya sebagai lembaga pendidikan. Selanjutnya Reimer menyarankan untuk melakukan pengembangan atas kegiatan belajar yang lebih demokratis dan efisien dalam membelajarkan manusia, Reimer menawarkan sistem penyelenggaraan unschooling alternative yang terdiri dari empat macam bentuk yang saling berkaitan yakni pertama mengupayakan penyediaan jaringan benda, kedua penyediaan jaringan orang, ketiga penyediaan layanan yang memungkinkan seseorang menemukan partner belajar berupa jaringan teman sebaya yang cocok, dan keempat penyediaan layanan jaringan menuju para pendidik.
Downloads
References
Azra, Azyumardi., 1998. Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam,Jakarta : Logos WacanaIlmu.
Bayu, Dardias., 2001. Praktek Penelitian Kualitatif: Pengalaman dari UGM. Yogyakarta: fisipol-UGM.
Cayley, David., 1922. Ivan Illich In Conversation Concord, Ontario: House of Anansi Press Limited.
Creswell, John W., 2009. Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Method Approaches. India: Sage Publication.
Darity Jr . William A., 2008. International Encyclopedia of the Social Sciences, USA : The Gale Group.
Eskobar, M., 1998. et. al. Sekolah Kapitalisme yang Licik: Dialog Bareng Paulo Freire, Terj: Muhdi Rahayu. Yogyakarta: LkiS.
F.O'Neil, William., 2002. Ideologi-ideologi l'endidlkan, terj. Omi Intan Naomi Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Fatimatuszahro’, Paradigma Kritis Transformatif, http:// zeqwhomes .blogspot. com/2012/11/ paradigma-kritis-transformatif.html. Diakses tanggal 24 juni 2014
Hasan, Iqbal., 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik Jakarta : Bumi Aksara.
http://id.wikipedia.org/wiki/Margaret_Mead diakses tanggal 10 april 2015
Icksan, M. Achmad., 1985. Mahasiswa dan Kebebasan Akdemik, Yogyakarta: Hanindita.
Lemmerer, Elisabeth., 2008. ” Examining a Sample of the American-Mexican Scientific Cooperation in the 1960s: A Social Network Analysis of the CIDOC-Network” thesis, Universitas Wien.
Margono, S.,Metodologi 1997. Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Marimba, Ahmad., 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Al-Ma’rif.
Moore,AllenJ.,1984. ContemporaryApproachestoChristianEducation. Nashville:AbingdonPress.
Reimer, Everert., 1971. Freing Educational Resources. Cuenarva: CIDOC.
...........1987. Sekitar Eksistensi Sekolah, Terj: Soedomo, Yogyakarta: Hanindinata Graha Widya.
...........1971. School is dead.: An essay on alternatives in education, Harmondsworth: Penguin.
Robinson, Dave., 2002. Nietzsche dan Posmodernisme. Yogyakarta: Jendela.
Soejono & Abdurrahman., 1999. Metode Penelitian suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta:Rineka Cipta.
William Outhwaite (Ed), 2008. Kamus Lengkap Pemikiran Sosial Modern. Jakarta:Kencana.