Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits Siswa Melalui Penerapan Metode Talking Chips

Authors

  • Sulis Setyani STKIP Nurul Huda
  • Marlina Marlina STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.587

Keywords:

Hasil Belajar, Al Qur'an Hadits, Metode Talking Chips

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses serta hasil belajar pada mata pelajaran Al Qur'an Hadits melalui penerapan metode Talking Chips. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Prosedur penelitian terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.

Kesimpulan penelitian ini pertama; Hasil belajar mata pelajaran Al Qur'an Hadits siswa sebelum penerapan metode Talking Chips di kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah sangat rendah dengan skor totol 1240, nilai rata-rata siswa 45,93 dengan persentase ketuntasan sebesar 22,22%. Kedua; Hasil belajar mata pelajaran Al Qur'an Hadits siswa sebelum penerapan metode Talking Chips di kelas VIII MTs Al Ikhlas Pemetung Basuki Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah tinggi dengan skor totol 2250, nilai rata-rata siswa 83,33 dengan persentase ketuntasan sebesar 96,30% pada siklus 3. Ketiga; Penerapan metode Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadits di kelas VIII-2 setiap siklusnya sebesar 24,69%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar metode pembelajaran Talking Chips dapat diterapkan pada pembelajaran Al Qur'an Hadits materi pembelajaran lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Kementerian Agama RI. 2014. Buku Guru Al Qur'an Hadis. Jakarta: Kementerian Agama.

Purwanto, M. Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sangadji, Etta Mamang. 2010. Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offside.

Slavin, Robert E. 2012. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto. 2011. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-08-01

How to Cite

Setyani, S., & Marlina, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Melalui Penerapan Metode Talking Chips. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 64–69. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.587
Abstract Views: 2811 | File Views: 1965