Pengaruh Teknik Pembelajaran Value Clarification terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pembelajaran Iman kepada Kitab-Kitab Allah SWT
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.588Keywords:
Teknik Pembelajaran Value Clarification, Hasil Belajar Akidah AkhlakAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran Value Clarification terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja. Penelitian komparatif dilaksanakan menggunakan desain eksperimen yaitu True Experimental Design yaitu Posstest Only Control Design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 dan VIII-3 MTs Nurul Huda Sukaraja yang berjumlah 53 orang. Sebagai kegiatan akhir analisis data penelitian dapatlah disimpulkan Pertama: Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT siswa yang menerapkan teknik pembelajaran Value Clarification di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja adalah sedang. Kedua: Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT siswa yang tidak menerapkan teknik pembelajaran Value Clarification di kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja adalah sedang. Ketiga: Terdapat pengaruh penerapan teknik pembelajaran Value Clarification terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja.
Downloads
References
Djahiri, Kosasih. 2007. Teknik-teknik Pembelajaran Inovatif. Bandung: Angkasa.
Elmubarok, Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Hawi, Akmal. 2012. Pendidikan Agama Islam. Palembang: Excellen Publishing.
Hermianto, Wardah. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Madjid, Nurcholish. 2004. Islam Doktrin dan Peradaban;Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Poerwanto, M. Ngalim. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2010. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taniredja, Tukiran. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.