Studi Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Individual dengan Model Pembelajaran Klasikal
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.589Keywords:
Model Pembelajaran Individual, Model Pembelajaran Klasikal, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa yang menerapkan model pembelajaran individual dan menerapkan model pembelajaran klasikal di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang. Sebagai kegiatan akhir analisis data penelitian dapatlah disimpulkan Pertama: Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran individual di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang adalah sedang dengan nilai rata-rata sebesar 78,57. Kedua: Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran klasikal di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang adalah sedang dengan nilai rata-ratanya 68,15. Ketiga: Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa yang menerapkan model pembelajaran individual dan menerapkan model pembelajaran klasikal di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang dengan nilai thitung 7,89 sedangkan ttabel 2,00. Karena thitung 7,89 lebih besar dari harga ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak sedangkan Ha diterima.
Downloads
References
Aunurrohman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Madjid, Abdul. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran;Untuk Membantu Memecahkan Problematikan Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Algesindo.
Sugiyono. 2013. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan:Komptensi dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Penyusun. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Balai Pustaka.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Prestasi Publisher.