Studi Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Individual dengan Model Pembelajaran Klasikal

Authors

  • Khoirul Umam STKIP Nurul Huda
  • Romdloni Romdloni STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.589

Keywords:

Model Pembelajaran Individual, Model Pembelajaran Klasikal, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa yang menerapkan model pembelajaran individual dan menerapkan model pembelajaran klasikal di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang. Sebagai   kegiatan   akhir   analisis  data penelitian dapatlah disimpulkan Pertama: Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran individual di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang adalah sedang dengan nilai rata-rata sebesar 78,57. Kedua: Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran klasikal di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang adalah sedang dengan nilai rata-ratanya 68,15. Ketiga: Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa yang menerapkan model pembelajaran individual dan menerapkan model pembelajaran klasikal di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang dengan nilai thitung 7,89 sedangkan ttabel 2,00. Karena thitung 7,89 lebih besar dari harga ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5% maka  H0 ditolak sedangkan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarjaya, Beni S. 2008. Model-model Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Praya Media.

Aunurrohman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Madjid, Abdul. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran;Untuk Membantu Memecahkan Problematikan Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Algesindo.

Sugiyono. 2013. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan:Komptensi dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Prestasi Publisher.

Downloads

Published

2019-08-01

How to Cite

Umam, K., & Romdloni, R. (2019). Studi Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Individual dengan Model Pembelajaran Klasikal. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 70–75. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.589
Abstract Views: 1761 | File Views: 1523