Model Pembelajaran PAILKEM Sebagai Upaya Mengembangkan Aktivitas Belajar Peserta Didik

Authors

  • Dewi Masitoh Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.646

Keywords:

Model Pembelajaran, PAILKEM, Aktivitas Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran PAILKEM dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMP se Kecamatan Punggur Lampung Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data Peneliti menggunakan teknik triangulasi. Analisa data Peneliti membagi menjadi tiga komponen antara lain: reduksi data, data display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PAILKEM sangat efektif untuk diterapkan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dapat dikemukakan bahwa model pembelajaran PAILKEM dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa karena beberapa hal berikut: 1. Model pembelajaran PAILKEM dapat mengatasi masalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran dikelas. Hal ini dikarenakan dengan model pembelajaran PAILKEM siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan dan keaktifan siswa diutamakan. 2. Model pembelajaran PAILKEM dapat mendorong siswa untuk bekerjasama kelompok yaitu membuat siswa berani bertanya dengan teman sebaya dalam satu kelompok dan mampu mengemukakan pendapat didepan kelompok lain. 3. Model pembelajaran PAILKEM dapat membuat siswa lebih menahami materi yang telah disampaikan. 4. Guru dan siswa mampu memahami pembelajaran yang dilaksanakan dengan Model pembelajaran PAILKEM dan selain itu model pembelajaran ini dapat membantu guru dalam mengatasi ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, (2008). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

--------, (2001). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur, (2011). Tips Pintar PTK, Yogyakarta : Laksana.

A.M, Sardiman, (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk, (2003) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, (2013). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

--------, (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

--------, (2004). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Hanafi, Nanang, dkk,(2010). Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama.

Hasan, Iqbal, (2003). Pokok-pokok Meteri Statistik I, Jakarta : Bumi Aksara.

Hisyam, Zaeni, (2008). Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Insan Madani.

Iqbal, M. Hasan, (2008). Pokok-Pokok Materi Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail, (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group.

Kunandar, (2008) Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusnadi, Edi, (2005). Metodologi Penelitian Aplikasi Praktis, Jakarta : Ramayana Press.

Mahfud, Rois, (2011). Al-Islam (Pendidikan Agama Islam), Jakarta: Erlangga.

Mulyono, (2011). Strategi pembelajaran (Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global), Malang: UIN-Maliki Press.

Nata, Abuddin, (2011). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Nasution, S, (2010). Didaktik Asas-Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Niar, Syamzu,(2013). Filsafat Pendidikan Agama Islam Hipotesis, Teoritis, Dan Praktis, Jakarta: Ciputat Press.

Purwanto, Ngalim, (2004). Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.

Ramayulis,(2012). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

--------,(2012). Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Sabri, Ahmad, (2000). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Ciputat Press.

Siberman, L Melvin, (2013). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusamedia.

Slameto,(2003), Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono, (2009), Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D,Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus,(2012), Cooperatif learning (Teori & Aplikasi PAIKEM), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafaat, Aat, et al, Peranan Pendidikan Agama Islam (Dalam Mencegah Kenakalan Remaja), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Syah, Muhibbin,(2013), Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Press.

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2019-08-01

How to Cite

Masitoh, D. (2019). Model Pembelajaran PAILKEM Sebagai Upaya Mengembangkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 92–97. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.646
Abstract Views: 2472 | File Views: 2913