Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Mengajar Terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI SMA - SMK Negeri Kota Metro

Authors

  • Mia Sumiati SMK Negeri 3 Metro, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.648

Keywords:

Pelatihan, Disiplin Mengajar, Kualitas Pengelolaan Pembelajaran

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran, adakah pengaruh yang signifikan dispilin mengajar terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran, dan adakah pengaruh yang signifikan antara pelatihan dan disiplin mengajar terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran guru PAI di SMA-SMK Negeri Kota Metro. Sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumbangsih dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran guru PAI.

                Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan desain penelitian survai dengan sifat penelitiannya adalah ex-postfacto. Data fakta dan informasi dijaring dengan instrumen penelitian berupa angket, pengamatan dan pengumpulan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA- SMK Negeri  Kota Metro dengan jumlah guru sebanyak 30 orang, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi.

                Hasil analisa data menunjukkan bahwa ada pengaruh pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran, ada pengaruh disiplin mengajar  disebut terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran, dan ada pengaruh secara bersama-sama antara pelatihan dan disiplin mengajar terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran guru PAI di SMA-SMK Negeri Kota Metro. Adapun kontribusi pelatihan dan disiplin mengajar sebesar dengan R = 0,84 koefisien persial R2 = 0,70 atau sebesar 70% terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Azis Wahab, (2007). Pendidikan Lintas Bidang, FIP-UP, Jakarta.

Andrew E. Sikula,(2007). Training and Development Hanbook, a Guide to Human Recource Development, Mc Graw Hill Book Company, New York.

Andi Basuki Primabirawa,(2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Imtima, Jakarta.

Anonim,(2000). Kamus Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

AF. Tangyong, (1994). Pendidikan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran, Rajawali, Jakarta.

Arief Sadiman, (2000). Teknik Dan Analisis Penelitian, Erlangga, Jakarta.

Achmad Hinduan,(2007). Pelatihan Untuk Perubahan, Imtima, Jakarta.

Amerudin Syarif, (2002). Pembinaan Pegawai Negeri Sipil, Depdiknas, Jakarta.

Daeng Sudirwo,(2002). Kurikulum Pembelajaran Dalam Rangka Otonomi Daerah, Andira, Bandung.

Departemen Agama RI, AlQur’an dan terjemahan

Depdikbud RI, (1984). Proses Belajar Mengajar, Akta Mengajar IV, Jakarta.

Depdiknas,(2005). UU Sidiknas, Depdiknas, Jakarta.

--------------, (2007). Pengembangan Ilmu Pendidikan, Jakarta.

Friedman dan Yarbrough, (1985). Approaches to Training and Development, Addison Wesley Publising Company, New York.

Filipo, Moekijat,(2002). Dasar-Dasar Kepemimpinan, LP3ES, Jakarta.

Hamzah B. Uno, (1998). Teori Belajar dan Pembelajaran (Suatu Pengantar), STKIP Gorontalo, Nurul Jannah.

Hamzah B. Uno, (2009). Perencanaan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Hanafiah dan Cucu Suhana, (2010). Konsep Strategi pembelajaran, Refika Aditama, Bandung.

Indriyo Gito Sudarmo dan Agus Mulyono.(1990). Prinsip Dasar Manajemen (edisi 3). BPFE, Yogyakarta.

I.L. Pasaribu, (2000). Administrasi Pendidikan, Rajawali, Jakarta.

I Nyoman Sudana Degeng, (1993). Buku Pegangan Teknologi Pendidikan, Pusat antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka, DepDikbud RI, Dirjen Dikti, Jakarta.

Jakub Hidayat, (1999). Psikologi Pendidikan, UT, Jakarta.

John Kenney, (2007). Eugene Donnelly, Margaret Reid, Manpower Training and Development.

Koesjono, (1998). Hakekat Manusia Bekerja, UT, Jakarta.

--------------, (2000). Ketenagakerjaan, UT, Jakarta.

K. Sukarji, (2000). Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Agama, Indra Jaya, Jakarta.

Moekijat, (2001). Manajemen Dasar dan Kepemimpinan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Mudhoffir, (1991). Pengembangan Pembelajaran, Tarsito, Bandung.

Muhammad Ali, (2004). Kamus BahasaIndonesia, Rajawali, Jakarta.

Munandir, (1992). Rancangan Sistem Pengajaran, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, P2LPTK, Jakarta.

Nana Syaodih Sukmadinata, (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, FIP UPI, Jakarta.

Oemar Hamalik, (2004). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bumi Aksara, Jakarta.

Ondi Saondi dan Aris Suherman, (2010). Etika Profesi Keguruan, Refika Aditama, Bandung.

Oteng Sutisna, (1997). Melatih Sikap Disiplin, Grafika, Bandung.

Pupuh Fathurrohman, M. Sobri Sutikno, (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, RefikaAditama, Bandung.

Sastrodiningrat, (2003). Perilau Administrasi, UT, Jakarta.

Sri Soekami RB, (2001). Ketenagakerjaan UT, Jakarta.

Sugiyono, (2003). Metode Penelitian, Erlangga, Jakarta.

--------------, (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Suharsimi Arikunto, (2008). Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Sukardi, (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya), Bumi Aksara, Jakarta.

Sutrisno Hadi,(2001). Metodologi Research Jilid II, UGM, Jogjakarta.

Soekardi, (2007). Evaluasi Pendidikan, Usaha Nasional Surabaya.

Sondang P. Siagian .1991. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Sagala, (2006). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat (Strategi memenangkan persaingan mutu), PT Nimas Multima, Jakarta.

Tim Pustaka Phoenix,(2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Media Pustaka Phoenix, Jakarta.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.2/ th 1989

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20/ th 2003

Uzer Usman,(2002). Menjadi Guru Profesional, Rosdakarya, Bandung.

Winardi, (2001) .Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. PT Radja Grafindo Pers, Jakarta.

WJS Purwdarminta, (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Putaka Jakarta.

Downloads

Published

2019-08-01

How to Cite

Sumiati, M. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Mengajar Terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI SMA - SMK Negeri Kota Metro. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 102–109. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.648
Abstract Views: 1745 | File Views: 1525