Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula Dalam Membentuk Karakter Santri
DOI:
https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.846Keywords:
Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula, Karakter SantriAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk pembinaan karakter santri, (2) Bagaimana peran pendidikan Madrasah Diniyah Ula Darussalam dalam membentuk karakter santri, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan karakter santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi. Penganalisaan data dilakukan dengan cara Mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa bentuk pembinaan karakter santri di Madrasah Diniyah Ula yaitu mulai dari awal santri mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembinaan karakter santri antara lain: Metode pembiasaan, Metode Uswah, Metode Targhib, Metode Tarhib. Dengan adanya Peran Madrasah Diniyah Ula Memberikan dampak positif bagi santri, memiliki peranan penting dalam membentuk karakter santri, memberikan kebiasaan baik bagi santri. Faktor pendukung pelaksanaan pembinaan karakter santri di Madrasah Diniyah Ula yaitu dari semua ruang lingkup keluarga besar Madrasah Diniyah Ula meliputi kepala madrasah Diniyah Ula, Ustadz/Ustadzah TU ikut andil dalam pelaksanaan pembinaan karakter santri. Adapun faktor penghambat pelaksanaan pembinaan karakter santri di Madrasah Diniyah Ula adalah: sebagian santri tidak tepat waktu dalam masuk kelas sehingga mengakibatkan terlambat dalam mengikuti pembelajaran
Downloads
References
Anwar, Saifudin. 2013. Metodelogi Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Arifin dan Sunyoto. 2015. Kepemipinan Kyai Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Malang: Kalimasyahadah Pres.
Arikanto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmadi, Alsa. 2004. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya Special for Woman. Bandung:PT Sygma Examedia Arkenleema.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonsia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta cv.
Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hermawan, haris. 2008. Pendekatan Terpadu Dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren. Palembang: Neor Fikri Offiset.
Mahmud. 2006. Model-model Kegiatan di Pesantren. Tangerang: Media Nusantara.
Mahmud. 2006. Model-model Pembelajaran di Pesantren. Tangerang:Media Nusantara.
.
Maskur, Anis. 2010. Menakar Modernisasi Pendidikan Pesantren. Jabar:Barneka Pustaka
Meleong, Lexy j. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Posdakarya
Muntahibun, Muhammad Nafi. 2011. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: Teras
Muzayyin, Arifin. 2014. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara
Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Keagamaan
Poerwodarminta,WJS. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Pengembangan dan Pembinaan bahasa
Raharjo. 2013. Pemberdayaan Madrasah Diniyah. Semarang: IAIN Walisongo
Satori Djamaan & Komariah Aan. 2010. Metodologi Peneitian Kualitatif. Bandung: Afabeta, cv
Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
----------. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sutarjo, Adisusilo. 2012. Pembelajaran Melalui Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syahr, Zulfia Hanum Alfi. 2016. Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat. Intizar, Volume:22 (No:2) Hal 1-22.
Tafsir, Ahmad. 2004. Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam. Bandung: Rosda Karya
UU No. 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional