Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula Dalam Membentuk Karakter Santri

Authors

  • Eviatul Istifadah STKIP Nurul Huda
  • Suhartono Suhartono STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.846

Keywords:

Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula, Karakter Santri

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk pembinaan karakter santri, (2) Bagaimana peran pendidikan Madrasah Diniyah Ula Darussalam dalam membentuk karakter santri, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan karakter santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi. Penganalisaan data dilakukan dengan cara Mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian ini diperoleh bahwa bentuk pembinaan karakter santri di Madrasah Diniyah Ula yaitu mulai dari awal santri mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembinaan karakter santri antara lain: Metode pembiasaan, Metode Uswah, Metode Targhib, Metode Tarhib. Dengan adanya Peran Madrasah Diniyah Ula Memberikan dampak positif bagi santri, memiliki peranan penting dalam membentuk karakter santri, memberikan kebiasaan baik bagi santri.  Faktor pendukung pelaksanaan pembinaan karakter santri di Madrasah Diniyah Ula  yaitu dari semua ruang lingkup keluarga besar Madrasah Diniyah Ula meliputi kepala madrasah Diniyah Ula, Ustadz/Ustadzah TU ikut andil dalam pelaksanaan pembinaan karakter santri. Adapun faktor penghambat pelaksanaan pembinaan karakter santri di Madrasah Diniyah Ula adalah: sebagian santri tidak tepat waktu dalam masuk kelas sehingga mengakibatkan terlambat dalam mengikuti pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abudin, Nata. 2013. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Anwar, Saifudin. 2013. Metodelogi Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Arifin dan Sunyoto. 2015. Kepemipinan Kyai Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Malang: Kalimasyahadah Pres.
Arikanto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmadi, Alsa. 2004. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya Special for Woman. Bandung:PT Sygma Examedia Arkenleema.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonsia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta cv.

Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hermawan, haris. 2008. Pendekatan Terpadu Dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren. Palembang: Neor Fikri Offiset.

Mahmud. 2006. Model-model Kegiatan di Pesantren. Tangerang: Media Nusantara.

Mahmud. 2006. Model-model Pembelajaran di Pesantren. Tangerang:Media Nusantara.
.

Maskur, Anis. 2010. Menakar Modernisasi Pendidikan Pesantren. Jabar:Barneka Pustaka

Meleong, Lexy j. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Posdakarya

Muntahibun, Muhammad Nafi. 2011. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: Teras

Muzayyin, Arifin. 2014. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara

Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Keagamaan

Poerwodarminta,WJS. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Pengembangan dan Pembinaan bahasa

Raharjo. 2013. Pemberdayaan Madrasah Diniyah. Semarang: IAIN Walisongo

Satori Djamaan & Komariah Aan. 2010. Metodologi Peneitian Kualitatif. Bandung: Afabeta, cv

Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

----------. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sutarjo, Adisusilo. 2012. Pembelajaran Melalui Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syahr, Zulfia Hanum Alfi. 2016. Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat. Intizar, Volume:22 (No:2) Hal 1-22.

Tafsir, Ahmad. 2004. Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam. Bandung: Rosda Karya

UU No. 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Istifadah, E., & Suhartono, S. (2020). Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula Dalam Membentuk Karakter Santri. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.30599/jpia.v7i1.846
Abstract Views: 781 | File Views: 994