Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Helmi Helmi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fkip Universitas Djuanda Bogor
  • Afridha Sesrita Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fkip Universitas Djuanda Bogor
  • Sobrul Laeli Program Studi Pendidikan Agama Islam Fkip Universitas Djuanda Bogor
Keywords: Modul Ajar, Analisis Kebutuhan, Pendidikan IPA SD

Abstract

Model pembelajaran IPA di sekolah dasar merupakan salah satu mata kuliah yang membekalkan keterampilan dasar bagi seorang calon guru yang meliputi berbagai model pembelajaran IPA yang diterapkan disekolah dasar. Pada kenyataanya ada banyak hambatan dalam proses pembelajaran. Karenanya dilakukan berbagai upaya untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam perkuliahan ini sehingga setiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dapat mengaplikasikan ilmunya dengan bekal yang cukup. Penelitian ini merupakan langkah perbaikan sistem perkuliahan yaitu perbaikan bahan ajar yang digunakan. Tahap awal yang dilakukan adalah menganalisis kebutuhan modul yang diperlukan oleh mahasiswa meliputi perlu dan tidaknya modul dibuat, bentuk modul yang diharapkan, cakupan isi dan sebagainya. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD di Universitas djuanda Bogor (N=30) dengan menyebarkan angket yang mencakup tingkat pemahaman materi dan analisis kebutuhan modul. Berdasarkan data dari angket, didapatkan bahwa penguasaan mahasiswa terhadap materi masih tergolong rendah, sedangkan modul yang memenuhi kriteria baik, menarik dan memudahkan pembelajaran sangat dibutuhkan oleh mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Dimas, A., Cari, C., Suparmi, A., Sarwanto, S., & Handhika, J. (2017, January). Profil Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa Materi Dinamika Gerak pada Mata Kuliah Fisika Dasar. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 1, pp. 42-45).

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Muslich, M. (2010). Text book writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nordyke, A. M. (2011). Models of teaching: Indicators influencing teachers' perception of pedagogical choice. University of Southern California.

Panggabean, E. M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi React Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Di FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Tursinawati, T. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 1(1). 1-18

Yarmaidi. (2003). Penyediaan Buku Ajar dan Media Pengajaran Efektif serta Memperbanyak Contoh Soal Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Prestasi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Statistik IPS pada PS.P. Geografi Jurusan PIPS FKIP Universitas Lampung. Laporan Penelitian dalam Program peningkatan Efektifitas Pembelajaran di Kelas. Program Semi Que V Tahun Universitas Lampung.
Published
2018-01-28
How to Cite
Helmi, H., Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24-28. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.105
Section
Articles