Studi Literatur: Analisis Penggunaan e-Book dalam Pembelajaran Fisika

  • Saprudin Saprudin Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun
  • Nurdin Abdul Rahman Universitas Khairun
  • Dewi Amiroh Universitas Khairun
  • Fatma Hamid Universitas Khairun

Abstract

Artikel ini menguraikan hasil studi literatur terkait penggunaan e-book dalam pembelajaran fisika. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian terkait pengembangan e-book berorientasi keterampilan generik sains dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru fisika. Studi literatur yang dilakukan berupa kajian artikel hasil penelitian terkait penggunaan e-book dalam pembelajaran fisika yang dipublikasikan pada jurnal maupun prosiding nasional berbahasa indonesia. Hasil kajian dianalisis secara deskriptif menjadi empat fokus kajian utama yakni: 1) orientasi penggunaan e-book dalam pembelajaran fisika, 2) software yang digunakan untuk merancang e-book fisika, 3) model pembelajaran yang diterapkan dalam desain e-book fisika serta 4) sasaran materi dalam pengembangan e-book fisika. Hasil studi literatur ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan e-book fisika dalam rangka peningkatan efektivitas pembelajaran fisika pada masa mendatang.

Keywords: e-book, Software, Pembelajaran fisika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiah, S., Iswanto, B. H., & Sunaryo, S. (2018). Pengembangan Media Buku Elektronik (E-book) Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Sebagai Materi Pengayaan Fisika di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-journal) (Vol. 7, pp. SNF2018-PE).
Amalia, F. B. (2017). Keefektifan Interactive E-Book IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Pensa E-jurnal: Pendidikan Sains, 5(03).
Amalia, F. R., & Kustijono, R. (2019). Pengembangan E-Book Fisika Menggunakan Sigil untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Inovasi Penidikan Fisika, 8(1), 465 - 469.
Artiwi, R. P., Asrizal, A. A., Desnita, D. D., & Yenni, Y. D. (2020). Pengaruh E-Book Pengayaan Fisika Disertai Tugas Berita dan Fakta Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Padang. Pillar of Physics Education, 13(2).
Azmanita, Y., & Festiyed, F. (2019). Analisis Kebutuhan Media untuk Pengembangan E-Book Tema Abrasi pada Pembelajaran Fisika Era 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1).
Aziz, H., Marzuki, Y., & Festiyed, F. (2019). Analisis E-Book Fisika SMA Kelas X Semester Ganjil Didasarkan pada Integrasi Literasi Informasi. Pillar of Physics Education, 12(3).
Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online Edisi 2. Tanggerang: Universitas Terbuka.
Darlen, R. F., Sjarkawi, S., & Lukman, A. (2015). Pengembangan E-book Interaktif untuk Pembelajaran Fisika SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 5(1).
Darmaji, D., & Kurniawan, D. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi dan Pendidikan Kimia terhadap Penggunaan Buku Panduan Praktikum Fisika Dasar Berbasis Mobile learning. EDUSAINS, 11(2), 213-220.
Festiyed & Putri, G. E. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Pengembangan Buku Digital (E book) Fisika SMA Berbasis Model Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 139-146.
Gaol, M. L., Serevina, V., & Supriyati, Y. (2019). Media Pembelajaran E-book Berasis 3D Page Flip Pada Materi Suhu dan Kalor dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 8, pp. SNF2019-PE).
Ghofur, A. (2015). Pengembangan E-Book Berbasis Flash Kvisoft Flipbook Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Sebagai Sarana Belajar Siswa SMA Kelas X. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2).
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II)
Hidayat, A. (2017). Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Materi Fisika Kuantum Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 87-101.
Hidayatullah, M., Wiryokusumo, I., & Waluji, D. A. (2019). Remidiasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan E-book Interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 30-39.
Humairoh, F. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan Penerapannya. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2).
Ikhsan, F., & Kholiq, A. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Terintergrasi dengan E-book High Order Thinking Skills pada Materi Implus dan Momentum. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3).
Khoiriah, M., & Kholiq, A. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbantuan E-Book Literasi Sains pada Materi Fluida Dinamis. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1).
Kustijono, R. & Amalia, F. R. (2019). Pengembangan E-book Fisika Menggunakan Sigil untuk Melatih Keterampulan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 8 (1), 465-469.
Maulana, Z. B. (2016). Rancang Bangun Aplikasi E-book Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik untuk Siswa Menengah Kejuruan DR. Tjipto Semarang. Edu Elektrika Journal, 5(2), 15-15.
Nugraha, D. A. (2014). Pengembangan Media E-Book Interaktif Bilingual pada Materi Pokok Kalor untuk SMA Kelas X. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(1).
Pranama, W. D. & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan E-book IPA Terapadu Tema Suhu dan Pengukuran untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal 3(3), 603.
Putri, G. E., & Festiyed, F. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika untuk Pengembangan Buku Digital (e-book) Fisika SMA Berbasis Model Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2).
Qibtiya, M., & Kustijono, R. (2018). Keefektifan Penggunaan E-Book untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 2, pp. 49-54).
Rohmah, A. N. (2016). Pengembangan E-Book dalam Pembelajaran Berbasis Multimedia Kvisoft Flipbook pada Materi Elastisitas. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3).
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul dalam Pembelajaran Fisika: Studi Literatur. Jurnal Luminous 2(2), 38 - 42
Saprudin, S., Liliasari, L., & Prihatmanto, A. S. (2017). Pre-Service Physics Teachers’ Concept Mastery and The Challenges of Game Development on Physics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012109). IOP Publishing.
Salamiyah, Z., & Kholiq, A. (2020). Pengembangan Ecthing (E-book Creative Thinking) untuk Menngkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMK pada Materi Hukum Ohm. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3).
Sari, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Fisika Menggunakan 3D Pageflip Profesional Terintegrasi Ayat Al-Qur’an Siswa Kelas XI MAN 2 Padang. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 4(1), 546-554.
Sari, W. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada Materi Konsep Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata kuliah Fisika Atom dan Inti. eduFisika.
Setiyoaji, W. T., Supriana, E., & Laksono, Y. A. (2020). Pengembangan E-Book Berbasis Android dengan Soal HOTS untuk Membantu Menganalisis Besaran Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 114-120.
Shobrina, N. Q., Sakti, I., & Purwanto, A. (2020). Pengembangan Desain Bahan Ajar Fisika Berbasis E-modul Pada Materi Momentum. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 33-40.
Sulistyarini, E. (2015). Pengembangan bahan ajar fisika SMA materi gelombang bunyi berbasis interactive PDF (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang)
Sumantri, F. N., & Kholiq, A. (2020). Pengembangan ELS-3D (E-book Literasi Sains Berbasis 3D Page Flip) Pada Materi Momentum dan Impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(03).
Tafauliyati, T., & Achmadi, H. R. (2020). Validitas E-Book dan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains pada Materi Suhu dan Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3).
Wati, D. K., Supriana, E., & Sulur, S. (2020). Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Multi Representasi dengan Corrective Feedback pada Materi Gerak Lurus Kelas X SMA/MA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1).
Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas Penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 1, pp. 124-129).
Wilujeng, I., & Mulyaningsih, S. (2013). Pengembangan Media e-Book Interaktif Melalui Strategi Mind Mapping pada Materi Pokok Listrik Dinamis untuk SMA Kelas X. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2).
Wulandari, E. T., Sulur, S., & Pramono, N. A. (2020). Pengembangan E-Book “Play, Learn, & Adventure” Berbasis Android untuk Siswa Kelas XII SMA/MA Melalui Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1).
Yunita, R. A., & Hamdi, H. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Buku Elektronik (e-book) Fisika Terintegrasi Edupark. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2).
Published
2021-10-29
How to Cite
Saprudin, S., Rahman, N., Amiroh, D., & Hamid, F. (2021). Studi Literatur: Analisis Penggunaan e-Book dalam Pembelajaran Fisika. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 20-26. https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.1144