Analisis Kualitas Soal Perlombaan Matematika Tingkat SMA

  • Abdul Karim Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Analisis Soal, Lomba Matematika, SMA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas soal perlombaan matematika tingkat SMA sederajat berdasarkan analisis butir soal secara kuantitatif dan sebagai bahan masukan untuk perbaikan soal perlombaan matematika yang akan datang Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teknik menggumpulkan data adalah dokumen soal yang digunakan pada saat kompetisi matematika yang diadakan oleh program studi pendidikan matematika Universitas Indraprasta PGRI. Objek penelitian ini adalah soal (termasuk kunci jawaban) dan lembar jawaban soal yang dikerjakan peserta. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh soal dan jawaban pada kompetisi matematika yang berjumlah 109 peserta.Hasil analisis butir soal secara kuantitatif terbagi menjadi empat yaitu a) Ditinjau dari validitas, b) Ditinjau dari reliabilitas, c) Ditinjau dari daya beda dan 4) Ditinjau dari tingkat kesukaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karim, Abdul. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Jurnal Formatif 7(2): 144-152.

Oktavia, I. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kreativitas belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 1(1).

Simamora, L. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafino Persada.

Sudjana, A., & Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sudjana, A., & Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Wijaya, W. A. (2015). Analisis Lomba Robotika Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Singosari. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya. 55-62.
Published
2018-01-27
How to Cite
Karim, A. (2018, January 27). Analisis Kualitas Soal Perlombaan Matematika Tingkat SMA. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.126
Section
Articles

Article Metrics

Abstract view : 116 times